suplemenGKI.com

Bacaan Yohanes 3: 31-36

MENERIMA HIDUP KEKAL

Bagian ini menceritakan kesaksian Yohanes tentang Yesus, Yohanes bersaksi bahwa Yesus lebih besar (hebat) darinya,Ia sebagai mempelai laki-laki dan Yohanes sahabat mempelai laki-lakinya,  ia juga berkata bukan Mesias.

1.      Apa yang disaksikan Yohanes tentang keberadaan Yesus?

2.      Apa dampak dari menerima kesaksianNya?

3.      Apa dampak dari percaya kepada Anak?

4.      Apa dampak dari tidak percaya kepada Yesus?

Renungan

Yohanes menyaksikan bukan hanya Yesus lebih besar namun harus makin besar dari dirinya, Yohanes menyadari bahwa Yesus harus semakin ditinggikan. Yohanes juga menyaksikan bahwa Yesus datang dari atas (surga) yang mau datang ke dalam dunia ini. Karena Yesus datang dari atas (surga) berarti Yesus menyaksikan apa yang telah dilihatNya dan apa yang telah didengarNya. Apa yang telah Yesus saksikan dan dengar di surga inilah yang disampaikan menjadi kesaksian bagi orang-orang di dunia. Namun pada kenyataannya banyak orang tidak mau mendengar dan menerima kesaksianNya.

Orang yang mau menerima kesaksianNya berarti orang tersebut mengakui bahwa Allah itu ada dan benar. Menerima kesaksianNya berarti juga percaya bahwa Allah mengutus AnakNya untuk menyampaikan FirmanNya, karena  Allah juga mengaruniakan RohNya dengan tidak terbatas kepada AnakNya. Jaminan hidup kekal juga diberikan kepada setiap orang yang percaya kepada Anak, namun bagi mereka yang tidak taat kepada Anak, tidak akan memiliki hidup yang kekal, melainkan murka Allah yang akan ada padanya.

Ada beberapa hal yang menarik pada bagian ini: Pertama kita diajarkan untuk percaya kepada Yesus, Kedua, dampak dari percaya kepada Tuhan Yesus adalah menerima hidup kekal. Ketiga, mereka yang tidak percaya Tuhan Yesus pasti akan menerima murka Allah. Keempat, hal yang paling mendesak adalah menyaksikan Yesus Kristus kepada orang lain, supaya mereka juga mendapatkan keselamatan seperti kita telah mendapatkannya. Kelima, kita harus meninggikan Yesus dan merendahkan hati kita.

Sesungguhnya orang yang benar-benar menghayati bahwa percaya kepada Tuhan Yesus pasti akan membawa perubahan hidupnya. Hidup yang dulu hanya untuk diri sendiri, sekarang setelah menerima Kristus, hidupnya berubah untuk kemulian Kristus. Dulu hanya memikirkan hidup didunia ini saja, sekarang setelah menerima Kristus, memikirkan bahwa ada hidup kekal yang harus dipersiapkan dengan baik.

Semakin orang mempersiapkan hidup kekalnya, Maka orang itu pasti akan hidup benar dihadapan Allah

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*