suplemenGKI.com

Bacaan : Efesus 5 : 15 – 21

Tema :  Bijaksana menggunakan waktu

PENGANTAR
“Waktu adalah uang”,  ! sebuah pepatah yang tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Bagi kebanyakan orang pepatah ini ada benarnya, karena selama ada waktu mereka akan terus berjuang untuk mencari dan mengumpulkan pundi-pundi uangnya. Namun pepatah ini menjadi salah, ketika sepanjang waktu ( hidup ) semata-mata hanya untuk uang. Pertanyaannya, lalu kapan ada waktu untuk Tuhan ? Padahal Tuhan adalah sang pemilik waktu. Untuk itu melalui renungan hari ini kita akan belajar menggunakan waktu yang Tuhan beri kepada kita secara bijaksana.

PEMAHAMAN.

  1. Bagaimana nasehat rasul Paulus, agar kita dapat mempergunakan waktu Tuhan dengan bijaksana ? ( ayat 15 – 21 )

Melalui bacaan hari ini, kita akan belajar bagaimana menggunakan waktu Tuhan dengan bijaksana. Pertama : Perhatikanlah dengan seksama bagaimana kamu hidup. ( ayt 15 ). Kata “seksama” mengandung arti benar, akurat,  konsisten dan akurat. Jadi dalam menjalani waktu Tuhan janganlah sembrono seperti orang bebal tetapi hiduplah dengan baik dan konsisten. Orang bebal akan menjalani hidup tanpa peduli kepada Tuhan. Tetapi umat percaya harus menjalani hidupnya dengan bercermin ( membaca ) kepada Firman Tuhan dan mengaplikasikan dalam hidup sehari-hari.

Kedua : Menggunakan waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat ( ayt 16a ). Ayat 16b mengatakan, “hari-hari ini adalah jahat”. Artinya adalah bahwa dalam setiap kesempatan, umat percaya selalu diperhadapkan kepada, jalan duniawi, hawa nafsu, keinginan daging dan iblis yang siap menjatuhkan dan mencengkeram umat percaya. Jika umat percaya tidak waspada maka ia akan diperdaya. Oleh sebab itu Paulus menasehati agar umat percaya dapat mempergunakan waktu yang ada yaitu setiap kesempatan dengan bijaksana sesuai dengan kehendak-Nya.

Ketiga : Berusahalah mengerti kehendak Tuhan dan hidup di pimpin Roh Kudus. ( ayt. 17-21 ). Sebagai anak-anak Tuhan seharusnya kita hidup  sesuai kehendak Tuhan. Kehendak Tuhan dapat dipahami melalui kehidupan yang intim dengan Tuhan baik dalam doa maupun Firman-Nya. Target hidup kita adalah melakukan kehendak-Nya, sehingga kita akan semakin berserah dalam pimpinan-Nya ( Roh Kudus ). Tepat seperti yang dikatakan ayat 21, “rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain didalam takut akan Kristus”. Orang yang rendah hati akan mudah dipimpin Roh Kudus. Oleh sebab itu milikilah kerendahan hati. Bagaimana dengan anda ?

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : bagaimana dengan anda, apakah selama ini menggunakan waktu yang ada dengan bijaksana ?

TEKADKU :
Ya Tuhan, ampunilah saya karena seringkali saya mempergunakan waktu/kesempatan dengan sembrono.

TINDAKANKU
Saya harus mempergunakan waktu/kesempatan yang ada dengan bijaksana, baik waktu untuk Tuhan, keluarga maupun untuk bekerja.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«