suplemenGKI.com

MENGENAL DIA

Filipi 3:12-16

 

PENGANTAR
Kita pasti tidak asing dengan pepatah “tak kenal maka tak sayang”.  Pepatah ini cukup sering digunakan pada percakapan sehari-hari, untuk menyatakan bahwa bila tidak mengenal seseorang, maka kita kurang memiliki perhatian kepada orang tersebut.  Jika hal itu sebagai gambaran perjalanan iman, sejauh mana kerinduan dan upaya kita mengenal Kristus?  Sejauh mana diri kita memiliki perhatian kepada kehendak-Nya dalam pertumbuhan iman kita? Mari bersama-sama belajar dari rasul Paulus dalam memandang pengenalannya akan Kristus!

PEMAHAMAN

  • Bagaimana Paulus memandang pengenalannya akan Kristus? (ayat 12)
  • Bagaimana upaya Paulus dalam mengenal Kristus? (ayat 13-14)
  • Bagaimana sikap Paulus dalam memandang tingkat pengenalan masing-masing orang yang berbeda-berda? (ayat 15-16)
  • Bagaimana upaya kita mengenal Dia?

Sebagai orang Ibrani, Saulus yang kemudian memiliki nama Paulus, sangat mengutamakan moralitas dan keagamaan.  Akibatnya, malah memusuhi Kristus juga pemberitaan Injil.  Namun, setelah mengenal Kristus, dalam ayat 12 Paulus menyebut “aku pun telah ditangkap oleh Kristus Yesus”, maka dia mengakui bahwa semua yang diunggulkannya selama ini ternyata sia-sia, karena tidak mampu membuat Allah memperhitungkan moralitas dan keagaamaannya sebagai kebenaran yang menyelamatkan.  Pengenalan akan Kristus membuat semua hal-hal lahiriah yang diandalkannya dulu seumpama sampah (ayat 8).  Itulah pengakuan Paulus dalam proses perjumpaan dan pengenalannya akan Kristus.

Yang menarik, dalam perikop yang kita baca hari ini, Paulus mengatakan “Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku” (ay.13).  Paulus menilai diri dengan tepat, tidak menyatakan dirinya penuh atau sempurna atau hampir tuntas mengenal Kristus.  Apakah Paulus mengenal Kristus? Ya.  Apakah dia telah mengenal-Nya penuh?  Paulus mengatakan belum, dan itulah yang terus dia kejar.  Keinginan lebih mengenal-Nya, membuat Paulus melupakan apa yang telah di belakangnya.  Paulus tidak mengijinkan apa yang sudah dicapainya menjadikannya puas diri, berbangga diri, lalu upaya pengenalan itu menjadi terhenti.  Tidak demikian, melainkan mengarahkan dirinya kepada apa yang masih dapat dia peroleh.  Ay.13b-14 Paulus berkata “dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.”

Paulus selalu berupaya bertumbuh dalam iman dan pengenalan akan Kristus.  Bahkan di ayat 15-16 Paulus memiliki pandangan bahwa setiap orang memiliki tingkat pengertiannya masing-masing dan Paulus mendorong jemaat untuk terus maju melanjutkan proses pengenalan yang bersifat progresif itu.  Tuhan akan menyatakan kebenaran, jika terjadi perbedaan pandangan.  Perbedaan yang terjadi justru akan membawa jemaat terus berupaya menemukan kebenaran yang membawa pertumbuhan dalam pengenalan akan Kristus. Asalkan masing-masing mau tunduk pada kebenaran yang Allah nyatakan melalui firman-Nya.

REFLEKSI
Mari merenungkan: Sejauh mana setiap kita memandang pengenalan akan Kristus itu penting sehingga terus mengusahakannya dalam keseharian hidup dan perjalanan iman.  Bertumbuh makin mengenal dan menyerupai Kristus sangat berarti dalam hidup kita.

TEKADKU
Ya Tuhan tolonglah agar kami tidak mudah merasa puas dan bangga, menganggap diri sudah banyak mengenal-Mu.  Mampukan kami agar selalu rindu dan berupaya mengenal-Mu.

TINDAKANKU
Mulai hari ini aku berupaya mengenal Kristus dan kehendak-Nya dengan melakukan saat teduh, berdoa dan beribadah lebih disiplin, walaupun untuk saat ini semua harus dilakukan di rumah bersama keluarga.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«