suplemenGKI.com

Mengikut Kristus berarti Mengikatkan Diri KepadaNya

I Korintus 6:12-18

Pengantar

Kekristenan mengajarkan secara gamblang bagaimana Tuhan ALLAH menciptakan manusia, laki-laki dan perempuan, menurut gambarNya (Kejadian 1: 27). Ia memandang manusia yang diciptakanNya sebagai ciptaan yang sungguh amat baik (Kejadian 1:31).  Tuhan ALLAH merancang kehidupan manusia sedemikian rupa sehingga laki-laki akan bersatu dengan isterinya dan keduanya menjadi satu daging. Di antara keduanya terjalin relasi yang sangat istimewa (Kejadian 2:24-25). Rasul Paulus dalam suratnya kepada Jemaat di Efesus kemudian menyingkapkan rahasia relasi suami isteri ini sebagai gambaran tentang relasi antara Kristus dengan jemaatNya (Efesus 5:31-32).

Pemahaman

Ayat 13-15           : Bagaimana pandangan Firman Allah tentang tubuh manusia?

Ayat 16-17           : Apa yang dijelaskan rasul Paulus mengenai dampak
percabulan terhadap hubungan pribadi kita dengan Kristus?

Dengan tegas Rasul Paulus mengatakan, bahwa tubuh bukan untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan (Ayat 13). Kekristenan tidak menafikan tubuh. Tubuh manusia diciptakan Tuhan ALLAH dengan amat baik dan dengan maksud yang mulia, yakni sebagai anggota Kristus (Ayat 15). Tubuh bukan merupakan bagian yang terpisah dari roh dan jiwa manusia. Ketiganya merupakan sebuah kesatuan di dalam Kristus untuk melakukan pekerjaan yang telah Tuhan rencanakan bagi kemuliaanNya (baca pula Efesus 2:10). Lebih jauh Rasul Paulus menandaskan perlunya  setiap pengikut Kristus untuk menjauhi percabulan (I Korintus 6:18). Ia dengan tegas menulis dalam suratnya, bahwa laki-laki yang mengikatkan diri kepada perempuan cabul menjadi satu tubuh dengan dia dan sebaliknya orang yang mengikatkan diri kepada Tuhan akan menjadi satu roh dengan Dia (I Korintus 6:16-17). Bagaimana mungkin seorang yang mengaku pengikut Kristus ternyata mendua hati dan malah mengikatkan diri dengan “orang lain” dan bukan dengan tuannya, yaitu Kristus?

Refleksi

Selama ini sudahkah aku sepenuhnya mengikatkan diri kepada Kristus yang kepadaNya aku mengaku sebagai seorang pengikut?

Tekad

Aku bertekad untuk membangun relasi pribadi dengan Kristus yang aku ikuti dengan memberikan respons terhadap panggilanNya setiap hari untuk mengikatkan diri dengan RohNya yang kudus.

Tindakan

Menjauhkan diri dari segala ikatan yang dapat membelenggu tubuh dalam dosa percabulan dan sebaliknya mengikatkan diri hanya kepada Kristus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*