suplemenGKI.com

ROMA 1:1-4

DISELAMATKAN UNTUK MEMBERITAKAN INJIL

 

Pengantar
Paulus berasal dari suku Benyamin. Ia memiliki dua kewarganegaraan, yakni warga negara Yahudi dan juga Romawi. Paulus merupakan anak didik Gamaliel. Itulah sebabnya Paulus sangat mengenal dan menguasai Taurat dan kitab-kitab lain dilingkungan agama Yahudi. Sehingga ketika muncul pertentangan di kota Roma mengenai hukum Taurat dan iman Kristen, Paulus terpanggil untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Pemahaman
Ayat 1        Apa yang Paulus sampaikan diawal suratnya kepada jemaat Kristen di kota Roma?

Ayat 2-4   Penjelasan apa yang disampaikan Paulus kepada jemaat Kristen di kota Roma?

 

Paulus menyadari bahwa belum semua jemaat Kristen di kota Roma mengenal dirinya.  Itulah mengapa diawal suratnya, Paulus memperkenalkan dirinya. Kepada jemaat Kristen di kota Roma Paulus memperkenalkan diri sebagai hamba Kristus Yesus. Paulus juga menyampaikan panggilannya sebagai rasul yang diberikan tanggungjawab untuk memberitakan Injil Yesus Kristus (ayat 1).

Melalui suratnya Paulus menyampaikan bahwa keselamatan didalam Kristus telah dinubuatkan oleh para nabi dimasa lalu. Hal ini dilakukan Paulus untuk menegaskan bahwa keselamatan hanyalah ada di dalam Yesus Kristus (ayat 2-4)

Jemaat Kristen di kota Roma bukan didirikan oleh Paulus. Berdasarkan sejarahnya masyarakat Kristen Yahudi yang pindah dari Yerusalem ke kota Roma adalah perintis hadirnya kekristenan di kota Roma. Paulus tidak begitu mengenal jemaat Kristen di kota Roma. Namun Paulus berkerinduan untuk meyelesaikan berbagai pertentangan yang terjadi di jemaat sekaligus juga untuk memelihara iman anggota jemaat di kota Roma.

Paulus menyadari benar panggilannya sebagai hamba Allah. Bagi Paulus menjadi hamba Allah berarti bersedia memberi diri untuk berkomitmen terhadap tugas dan tanggungjawab yang Allah percayakan. Memberitakan Injil Yesus Kristus merupakan prioritas penting dan yang utama bagi Paulus. Paulus sungguh-sungguh berkomitmen untuk menyampaikan Injil kepada semua orang. Sikap Paulus menjadi teladan yang baik bagi umat Allah di masa sekarang.

Memberitakan Injil merupakan tugas dan tanggungjawab umat Allah yang telah memperoleh anugerah keselamatan. Namun sayangnya kesungguhan dalam memberitakan Injil tidak tercermin dalam sikap hidup umat Allah di masa sekarang. Bahkan ucapan dan perbuatan umat Allah di masa kini tidak mencerminkan Injil Yesus Kristus.

Refleksi
Sudahkah Injil Yesus Kristus aku beritakan kepada mereka yang belum mengenal Kristus?

Tekadku
Ya Allah, mampukan kami menjadi seorang hamba yang taat dan tekun dalam pemberitaan injil. Mampukan kami memberitakan Injil bukan hanya dengan kata tetapi juga lewat karya

Tindakanku
Memberitakan Injil Yesus Kristus kepada semua orang melalui kata dan perbuatan

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«