suplemenGKI.com

Memberitakan Injil dengan KuasaNya

Pertanyaan Penuntun Pemahaman Alkitab

  1. Ayat 1-3: Dimana dan apa yang sedang dikerjakan para murid ketika Yesus datang menjumpai mereka?
  2. Ayat 4-6: Apa yang terjadi sebelum dan sesudah Yesus datang menyapa mereka?
  3. Ayat 7-8: Bagaimana akhirnya (apa yang membuat) mereka dapat mengenali kehadiran Yesus?
  4. Penampakan diri Yesus kepada mereka ini dilakukan menjelang kenaikanNya ke Surga dengan tugas memberitakan Injil (‘menjala manusia’) yang dipercayakan kepada para murid. Jika demikian, apa maksud Yesus mengadakan mujizat tersebut kepada para murid? Bagaimana penyataan dari Tuhan yang bangkit ini mempengaruhi pekerjaan mereka?

Renungan

Lokasi kejadian yang dikisahkan perikop ini ada di Galilea, sesuai dengan pesan Tuhan Yesus sebelumnya kepada para murid-muridNya (Mat. 26:32).  Tidak dijelaskan mengapa Petrus dan kawan-kawannya kembali pergi menangkap ikan.  Tetapi yang pasti nelayan adalah profesi mereka dulunya.  Dan peristiwa dimana Yesus menjumpai mereka ini mengingatkan kita pada saat dimana Yesus pertama kali memanggil mereka menjadi murid-muridNya.

Karena itu untuk memahami maksud penampakan diri Yesus yang kedua kalinya kepada mereka ini, kita harus mengingat bahwa ini terjadi tidak lama menjelang kenaikan Yesus ke Surga.  Dan kenaikan Yesus ke Surga meninggalkan tugas bagi mereka untuk memberitakan Injil ke seluruh dunia.  Ini tugas yang tidak mudah.  Karena itu sebelum mereka ‘terjun ke lapangan’, Yesus merasa perlu untuk meyakinkan dan menguatkan mereka kembali bahwa Yesus tidak akan meninggalkan mereka.

Yesus akan senantiasa ada dan menolong mereka dalam pemberitaan Injil.  Sekaligus mengingatkan para murid bahwa tanpa kuasa Yesus, maka segala usaha ‘menjala manusia’ itu tidak akan membuahkan hasil.  Karena itu mereka perlu bergantung pada kuasa Tuhan yang memampukan mereka memberitakan Injil.  Mereka tidak perlu takut, ragu, apalagi putus asa.  Yesus tidak pernah kehilangan kuasaNya sampai kapan pun.

Pesan yang sama berlaku pula bagi kita yang terus melanjutkan tongkat estafet pemberitaan Injil.  Walau ada banyak rintangan dan halangan, Tuhan tetap beserta kita dan memampukan kita untuk melakukan perintahNya.  Ia yang akan mendatangkan ‘ikan-ikan’ itu bagi kita, selama kita terus berjuang ‘menebar jala’ pemberitaan Injil.

Teruslah tebarkan jalamu jika Engkau ingin menyaksikan bagaimana Tuhan mendatangkan ikan-ikan kepadamu!

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*