suplemenGKI.com

Bacaan : Roma 14 : 1 – 12

Thema : Setiap orang akan mempertanggungjawabkan perbuatannya

PENGANTAR
Kadang-kadang di dunia ini, kebaikan seseorang dapat menolong orang lain. Ada banyak anak muda yang luput dari hukuman karena kebaikan orang tuanya. Banyak para suami yang mendapat pengampunan demi istri dan anak-anaknya, atau istri mendapat pengampunan demi  suami dan anak-anaknya. Namun dalam pengadilan Allah setiap orang harus berdiri sendiri mempertanggungjawabkan setiap perbuatannya.

PEMAHAMAN.

  1. Apakah yang menjadi persoalan di jemaat Roma ? ( ayat 1-6 )
  2. Bagaimana rasul Paulus memberi jalan keluar dari persoalan yang terjadi ? ( ayat 7- 12 )

Dalam bagian ini rasul Paulus menghadapi masalah ditengah-tengah jemaat Roma. Persoalan klasik yang muncul adalah masalah peraturan mengenai makanan dan larangan-larangan atas makanan tersebut. Ada orang yang berpantang makan daging dan hanya makan sayur-sayuran, tetapi ada orang yang makan segala macam makanan. Persoalan menjadi serius ketika satu sama lain saling menyalahkan dan menghakimi. Persoalan lebih ramai lagi ketika diperhadapkan dengan adanya orang-orang yang memelihara hari-hari tertentu/hari-hari baik menurut peraturan adat Yahudi.  Perbedaan-perbedaan yang terjadi akan dapat memecahbelah keutuhan jemaat. Oleh sebab itu rasul Paulus memberi solusi terhadap persoalan yang terjadi ditengah-tengah jemaat.

Pertama : Rasul Paulus meminta agar orang yang kuat imannya dapat menerima orang yang lemah imannya ( ayat 1 ) dengan tujuan bahwa orang yang kuat imannya dapat menjadi berkat dan teladan bagi orang yang lemah imannya. Kedua : Rasul Paulus menasehatkan bahwa hidup dan mati kita adalah untuk Tuhan ( ayat 7-9 ). Bahwa Kristus yang hidup selalu hadir dalam hidup kita artinya kehidupan kita selalu dilihat oleh Kristus bahkan kematianpun tidak menghalangi kehadiran-Nya. Ketiga : bahwa setiap orang akan mempertanggungjawabkan perbuatannya kepada Tuhan ( ayat 10-12 ). Benar sekali bahwa setiap orang nanti akan mempertanggungjawabkan setiap perbuatannya kepada Allah. Kenyataannya adalah bahwa kita adalah orang berdosa, namun Allah mengasihi kita. Bila sekarang ini kita telah hidup bersama Kristus maka kita juga akan berdiri bersama Kristus dalam kematian, dan dihadapan Allah. Ialah yang akan membela perkara kita. Bagaimana dengan saudara saat ini ?

REFLEKSI
Marilah kita mengambil saat hening sejenak untuk merenungkan ! Pada akhirnya saudara akan berdiri dihadapan Allah untuk mempertanggungjawabkan setiap perbuatan saudara. Bagaimana saudara mempersiapkan diri saudara saat ini ?

TEKADKU
 Ya Tuhan, bantulah saya agar dapat menjalani hidup ini dengan iman yang bertanggung jawab.

TINDAKANKU
Saya akan menjalani hidup ini bersama Kristus agar menjadi berkat bagi yang lemah dan dapat mempertanggungjawabkan dengan benar di hadapan Allah.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*