suplemenGKI.com

MAZMUR 91:9-16

HIDUP DALAM PENGHARAPAN

 

PENGANTAR
Andar Ismail dalam buku “Selamat Bergumul” menuliskan yang membedakan orang dari hewan adalah pengharapan. Orang bisa punya harapan, sebab itu bisa kehilangan harapan. Hewan tidak bisa punya harapan, sebab itu hewan tidak bisa kehilangan harapan. Itu sebabnya hewan tidak bisa bunuh diri. Karena berpengharapan, seorang pasien rela membayar operasi yang begitu mahal. Karena berpengharapan, seorang mahasiswa belajar mati-matian siang dan malam. Pengharapan adalah pra-syarat yang membuat kita hidup.

Bacaan kita hari ini mengungkapkan pernyataan iman pemazmur yang menaruh pengharapannya kepada Tuhan. Pemazmur mengimani bahwa ia dapat bertahan di dalam berbagai kesulitan karena Tuhan akan menyertai dan memberikan pertolongan. 

PEMAHAMAN
Ayat 9-13             Mengapa pemazmur menaruh pengharapannya kepada Tuhan?
Ayat 14-16           Apa janji yang diberikan Tuhan kepada setiap umat-Nya?

Mazmur 91 merupakan mazmur yang berisi kata-kata peneguhan bagi setiap umat Tuhan. Perjalanan hidup umat Allah pada masa itu bahkan hingga sekarang tidak selamanya berjalan baik. Ada masa-masa sulit dan berat yang kadang harus dihadapi umat Tuhan. Dalam situasi tersebut, pemazmur menuliskan keyakinan imannya kepada Tuhan. Dalam mazmur ini diperlihatkan pemazmur sungguh menaruh pengharapannya kepada Tuhan.

Dalam ayat 9-13, pemazmur menyatakan dalam berbagai kesulitan, Tuhan adalah perlindungan bagi setiap orang percaya. Pemazmur menggambarkan bagaimana sebelumnya umat Tuhan mengalami pertolongan saat tidak mengalami tulah di Mesir. Bahkan pemazmur menjelaskan bahwa dalam perjalananan umat Tuhan melewati padang gurun, Tuhan pun menjaga setiap jalan yang dilewati. Berbagai pengalaman itu membuat pemazmur sungguh menaruh pengharapan di dalam Tuhan.

Ayat 14-16 menyatakan Tuhan sendiri berjanji akan membentengi, meluputkan umat yang percaya kepada-Nya dari segala ancaman. Tuhanlah yang menjadi sumber pengharapan dan keselamatan bagi setiap umat-Nya.

Mazmur ini memperlihatkan kepercayaan pemazmur yang sungguh-sungguh kepada Tuhan. Ia yakin bahwa dalam segala kesulitan yang dialami, Tuhan akan tetap menyertainya dan tidak akan meninggalkannya. Pemazmur tetap bertahan dalam kesulitan karena menaruh seluruh pengharapannya kepada Tuhan.

Bacaan kita ini mengingatkan kita bahwa di dalam situasi sulit yang masih kita jalani saat ini, Tuhan tetap ada dan menyertai kita bahkan menolong kita melewatinya. Oleh karena itu, kita hendaknya tetap menaruh pengharapan kita kepada Tuhan sehingga kita mampu bertahan dalam berbagai situasi hidup kita.

REFLEKSI
Berpengharapan adalah sikap positif yang hendaknya dimiliki umat Tuhan. Meskipun kadang rasanya sulit ketika terus mempertahankan pengharapan itu dalam masa yang sulit. Oleh karena itu kita perlu belajar dari pemazmur yang sungguh percaya bahwa Tuhan tetap menyertai dan akan menolong setiap orang yang percaya kepada-Nya. Dengan tetap berpengharapan kepada Tuhan, pemazmur mampu melewati masa-masa sulit.

TEKADKU
Ya Allah, kami menyadari kadang kami hilang pengharapan saat situasi hidup kami begitu berat dan sulit. Namun, kami mau belajar dari pemazmur yang tetap percaya bahwa Tuhan selalu menyertai dan tidak akan pernah meninggalkan umat yang percaya kepada Tuhan. Ajarlah kami untuk terus berpengharapan kepada Tuhan karena Tuhanlah sumber pertolongan dan penyelamat kami.

TINDAKANKU
Memulai setiap hari dengan doa memohon pertolongan Tuhan dan berjanji terus hidup dalam pengharapan kepada-Nya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«