suplemenGKI.com

Allah itu Ada

 

Bacaan: Roma 1:18-25

 

Pengantar
Banyak orang kalau ditanya apakah percaya kepada Allah? Maka hampir semua orang akan menjawab percaya.  Apalagi kalau ditanya apakah Allah itu ada? Pasti mereka juga akan menjawab Allah itu ada. Dengan demikian berarti banyak orang yang bukan hanya tahu Allah itu ada, namun juga percaya pada Allah tersebut. Bagaimana dengan perbuatan orang-orang yang menyatakan bahwa Allah itu ada dan percaya kepadaNya?

Pemahaman
Ay 18, Mengapa murka Allah harus dinyatakan kepada orang-orang fasik?
Ay 19-22, Apa yang Allah lakukan supaya orang-orang fasik tahu akan adanya Allah?
Ay 23-25, Apa yang dilakukan oleh orang-orang fasik untuk menggantikan Allah yang hidup? 

Allah ingin supaya manusia itu datang kepadaNya, dan sembah sujud kepadaNya. Allah ingin keberadaanNya juga diketahui dan dikenali oleh manusia. Sehingga seluruh alam ciptaanNya menggambarkan akan kemuliaanNya, mulai dunia dijadikan sampai pada terciptanya manusia yang mengisi dunia ini.

Namun sayang banyak manusia yang menyangkali keberadaan Allah yang hidup dengan perilakunya di dunia ini, yang tidak mau mengenal Tuhan, menindas kebenaran dan yang berbuat kejahatan. Pikiran dan perbuatan mereka menjadi sia-sia, seolah-olah mereka mengenal Allah, namun prakteknya mereka menyangkali Allah yang ada.

Di dalam beribadah mereka justru menggantikan Allah dengan hal yang sia-sia, dengan gambar yang mirip manusia atau binatang yang ada dan disembah oleh mereka. Mereka meyembah bukan kepada Sang Penciptanya namun kepada makhluk ciptaanNya.

Di satu pihak banyak manusia yang kelihatannya beragama namun kelakukannya menunjukkan orang-orang yang jahat dan hanya memikirkan dirinya sendiri. Di pihak lain ada orang-orang yang tidak mau mengenal Tuhan naumun justru menyembah berhala, mereka juga telah hidup dalam kesiasiaannya.

Refleksi
Ambil beberapa menit untuk merenungkan apakah yang sudah kita lakukan dan katakan mencerminkan Tuhan yang ada dan hidup dalamku?Seberapa besarkah Tuhan senang dengan apa yang aku lakukan? Ataukah Tuhan sedih dengan apa yang saya kerjakan?

Tekadku
Ya, Tuhan Yesus, betapa mudahnya kami ini mengatakan bahwa Allah itu ada dan kami menyembahNya, namun dalam praktek hidup seringkali kami tidak menunjukkan perilaku yang baik sesuai dengan karakterMu Tuhan. Oleh sebab itu, sadarkan kepada kami bahwa kehadiranMu di dalam hidup kami terjadi terus menerus, sehingga setiap saat kami menghargai kehadiranMu dalam hidup kami.

Tindakanku
Hari ini mencari satu orang untuk menceritakan bahwa Allah itu ada dan Alah itu hidup.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«