suplemenGKI.com

Roma 10:8-13

PENGAKUAN IMAN YANG MEMBAWA BERKAT

 

Pengantar

Malin Kundang, seorang anak yang tidak mengakui ibu kandungnya karena khawatir posisi, kedudukan, status, harta, dan prestise yang dimilikinya akan hilang jika jati diri dan asal-usulnya terungkap,akhirnya terkutuk menjadi batu. Dilema yang dialami oleh Malin Kundang boleh dikatakan mirip dengan pergumulan orang Kristen yang hidup sebagai kaum minoritas pada masa kini.Terkadang kita harus memilih antara menyatakan identitas sebagai orang Kristen dan iman kepada Kristus, ataukah lebih memilih penerimaan dalam pergaulan dan karier yang menjanjikan.

Pemahaman

Ayat 8-10 menegaskan bahwa iman kepada Yesus Kristus haruslah mencakup hati yang percaya dan mulut yang mengaku Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat. Ini adalah satu paket yang tidak boleh dipisahkan. Kita tidak bisa hanya memilih untuk percaya dalam hati namun tidak berani menyatakannya dengan gamblang dalam prinsip dan sikap hidup, hanya demi keamanan dan kenyamanan hidup. Tidak jarang orang kemudian berdalih dengan mengatakan Tuhan akan mengerti kondisi dan situasi kita. Dalam Matius 10:32-33 Tuhan Yesus berkata akan menyangkal di depan Bapa barangsiapa yang menyangkalNya di depan manusia. Sebaliknya Tuhan akan mengakui di depan Bapa barangsiapa yang mau mengakuiNya di depan manusia. Bahkan Tuhan memberikan janjiNya kepada orang yang demikian seperti yang tertulis dalam ay. 11-13, bahwa dia akan diselamatkan dan tidak akan dipermalukan, serta diberkati dengan limpah jika berseru kepada nama Tuhan.

Refleksi

Apakah Anda merasa kuatir, ragu, takut atau malu, untuk mengaku sebagai orang Kristen di tengah lingkungan pergaulan atau pekerjaan Anda? Apakah Anda merasa nyaman diketahui orang atau tetangga jika Anda pergi ke gereja dan sedang membawa Alkitab? Apakah Anda dengan sukacita dan berani mengabarkan tentang Yesus Kristus? Apakah Anda berani tampil beda karena ingin hidup sesuai dengan prinsip-prinsip dan nilai-nilai Alkitabiah?

Tekadku

Dengan kekuatan dan pertolongan Tuhan, aku akan mengaku Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat di dalam hatiku dan melalui mulutku, serta bersaksi melalui hidupku yang memuliakan Tuhan.

Tindakanku

Mohon pengampunan atas sikapku selama ini yang malu dan tidak mau berterus terang bahwa Yesus Kristus adalah Tuhanku. Mulai saat ini aku akan bersikap dan melakukan …………………………………  sebagai wujud pengakuan imanku kepada Tuhan Yesus Kristus di depan manusia.

(Pikirkan 1 hal yang akan Anda perbaiki/tingkatkan dalam rangka menyatakan jati diri/identitas sebagai orang Kristen di hadapan sesama, lingkungan Anda).

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«