suplemenGKI.com

MAU PEDULI & MENDOAKAN PERTUMBUHAN IMAN JEMAAT

I Tesalonika 5:16-24

 

Pengantar
Apakah yang kita rasakan ketika melihat seorang anak yang kita bimbing mengalami pertumbuhan iman? Pastilah kita akan berbahagia dan terus mendoakannya. Itulah yang juga dilakukan Rasul Paulus untuk jemaat Tesalonika. Pernahkah Saudara peduli dan mendoakan pertumbuhan iman jemaat Tuhan? Marilah kita merenungkannya.

Pemahaman

? Ayat 16-22 : Apakah nasihat yang diberikan Rasul Paulus kepada jemaat Tesalonika? Menurut Anda, untuk apa nasihat itu diberikan?

? Ayat 23-24: Mengapa rasul Paulus mengucapkan kalimat doa yang berisi permohonan berkat untuk jemaat Tesalonika? Mengapa Rasul Paulus begitu peduli kepada jemaat Tesalonika? Bila Saudara menjadi anggota jemaat Tesalonika, apakah yang akan Saudara rasakan ketika membaca surat Paulus ini?

Surat pendek ini memperlihatkan bagaimana hubungan Paulus dengan jemaat Tesalonika. Betapa dia peduli akan pertumbuhan iman jemaat. Paulus memuji kesetiaan jemaat melalui pekerjaan iman, usaha kasih serta ketekunan yang mereka tunjukkan kepada Tuhan Yesus Kristus. Paulus bersyukur melihat perkembangan iman yang terjadi di jemaat Tesalonika. Sebelum menjadi Kristen, banyak anggota jemaat Tesalonika yang menyembah berhala. Setelah menjadi Kristen, mereka memilih setia kepada TUHAN. Supaya mereka tetap setia kepada TUHAN, Paulus memberi nasehat untuk senantiasa bersukacita, berdoa dan mengucap syukur.

Sukacita, berdoa dan ucapan syukur adalah tiga tindakan iman yang saling terkait. Apakah tindakan iman ini mudah dilakukan? Ya, apabila kita membuka hati bagi Kristus untuk tinggal di hati kita dan mengusai seluruh hidup kita. Kehadiran Kristus memberi kita sukacita yang dari TUHAN. Dengan Kristus tinggal di dalam hati kita maka setiap saat kita mengalami persekutuan dengan Dia, kita selalu meyediakan waktu untuk dapat berdoa hingga ucapan syukur pun terus mengalir. Semua hal itu akan semakin menumbuhkembangkan iman kita. Dan iman yang bertumbuh selalu tampak dalam roh yang menyala-nyala dan hati yang berkobar-kobar. Iman yang seperti ini akan membuahkan daya juang untuk setia hidup dijalan kebenaran. Orang percaya akan selalu mendapatkan inspirasi untuk melakukan pelbagai kebaikan dan tak mudah dipengaruhi kejahatan.

Untuk itu Paulus pun mendoakan jemaat Tesalonika. Ia memohon kepada TUHAN supaya jemaat sempurna dalam kekudusan serta tinggal dalam damai. TUHAN-lah yang sanggup memelihara serta menjaga seluruh keberadaan mereka sehingga tanpa cacat sampai kedatangan Tuhan Yesus Kristus.

Refleksi
Pandanglah tunas pohon yang terus bertumbuh menjadi pohon walau diterpa angin dan panas. Apabila ada orang yang peduli dan merawatnya, pohon itu akan bertumbuh lebih sehat dan kuat hingga bila saatnya tiba dia akan berbuah. Apakah Saudara menyadari bahwa Saudara pun dipakai TUHAN untuk mempedulikan dan terus mendoakan pertumbuhan iman jemaat-Nya?

Tekadku
Ya TUHAN, mampukanlah aku bukan hanya berkonsentrasi menumbuhkembangkan imanku tapi juga pakailah aku menjadi hamba-Mu yang terus peduli dan mendoakanĀ  pertumbuhan iman jemaat.

Tindakanku
Tahun ini aku akan mempersembahkan kado Natal bagi TUHAN dalam pelayanan pendampingan pertumbuhan iman. Aku akan mendampingi satu orang saudara seiman agar terus mengalami pertumbuhan iman dan selalu mendoakannya agar ia terus bertumbuh dan setia beriman kepada TUHAN.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«