suplemenGKI.com

Yohanes 3:19-21

“Terus Terang Anak Allah Bersinar Terus”

PENGANTAR

Gelap identik dengan Iblis dan Kejahatan. Banyak orang yang membenci Iblis, membenci kejahatan atau paling tidak membenci kegelapan. Herannya mereka yang membenci ini justru sadar tidak sadar masih membiarkan kegelapan menguasai hidupnya.

PEMAHAMAN

Ayat 19-21:  Apakah konsekuensi yang muncul ketika manusia menghampiri Allah yang adalah terang?

Yesus menjelaskan mengapa beberapa orang menolak keselamatan dari Kristus: mereka lebih mengasihi dosa dibandingkan dengan kebenaran Allah, dan menjauh dari Kristus yang adalah terang dunia ini. Karena itu mereka bergantung kepada dosa mereka. Kristus mengenal hati kita, dan akar dari semua pikiran jahat kita. Perbuatan manusia pada dasarnya adalah sia-sia. Tidak ada seorang pun yang baik berdasarkan kekuatannya sendiri. Pikiran, perkataan, dan perbuatan kita adalah jahat sejak masa muda kita. Apabila manusia datang kepada terang Kristus, maka seluruh sifat jahat, pikiran jahat dan kebiasaan-kebiasaan berdosanya akan diungkapkan. Itulah sebabnya manusia yang demikian akan menolak/enggan untuk datang. Menghindar diajak persekutuan, apalagi melayani Tuhan. Atau mungkin bersikap munafik. Mereka hidup dalam persekutuan, aktif melayani di gereja namun masih tetap menyimpan kebiasaan buruk masa lalu atau melakukan dosa sehari -hari diluar gereja/persekutuan. Bagaimana dengan kita?

REFLEKSI

Renungkan sejenak, apakah selama ini saya termasuk golongan anak Tuhan yang menyukai terang dan hidup sungguh-sungguh didalamNya, ataukah saya termasuk anak-anak Tuhan yang masih menyimpan sisi gelap dalam diri saya yang belum saya ungkapkan kepada Tuhan? Akui satu persatu kepada Tuhan dan biarkan Dia menolong kita untuk pulih. Ingatlah bahwa Dia sudah lebih dulu mengetahuiNya.

 TEKAD

Ya Tuhan Yesus, ampunilah kami yang selama ini hidup dalam terang tetapi masih menyimpan sisi gelap dalam diri kami. Kami tetap melakukan kebiasaan buruk dan menikmatinya. Kami hidup diluar persekutuan dengan melakukan hal-hal yang jahat dan tidak berkenan dimata Tuhan. Ampunilah kami, hapuskanlah segala pelanggaran kami dan jadikan kami tahir ya Allah. Amin

 TINDAKAN

Mulai hari ini saya akan hidup dalam terang, bertumbuh di dalamNya dan menjadi terang yang memancarkan kasih dan pengampunan kepada sesama kami terutama mereka yang masih hidup dalam kegelapan. Kami menarik mereka, mengajak mereka kedalam persekutuan dengan Tuhan dan menolong mereka untuk bertobat dari dosa dan kebiasaan buruk mereka.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«