suplemenGKI.com

1 Korintus 12:1-11

KARUNIA ROHANI

 

PENGANTAR
Karunia rohani adalah kemampuan khusus dari Tuhan, yang diberikan menurut anugerah-Nya, kepada setiap anggota tubuh Kristus untuk digunakan bagi pengembangan gereja-Nya. Setiap orang memiliki minimal satu karunia rohani agar ia dapat melayani dengan lebih efektif. Namun, tidak seorang pun di antara kita yang memiliki semua karunia rohani secara lengkap. Karena itu, kita perlu bekerja sama dengan orang-orang yang memiliki karunia rohani yang berbeda. Hal inilah yang diajarkan oleh Rasul Paulus kepada jemaat di Korintus, sebuah jemaat yang anggotanya diberkati dengan karunia-karunia rohani yang melimpah.

PEMAHAMAN
Dalam 1 Korintus 12-14, Rasul Paulus berupaya menjelaskan sifat, tujuan, dan cara penggunaan karunia-karunia rohani yang mereka miliki. Penjelasan ini penting agar mereka dapat menggunakan karunia-karunia rohani itu dengan cara yang benar. Dalam perikop hari ini (12:1-11), Rasul Paulus secara khusus menjelaskan peran Roh Kudus dalam pemberian karunia-karunia rohani tersebut.

  • Ayat 1-3.    Apa peran Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya? Apa hubungannya dengan karunia rohani yang mereka terima?
  • Ayat 4-6.    Apa hubungan karunia rohani dengan pemahaman mengenai Allah Tritunggal? Mengapa Rasul Paulus menjelaskan hal ini?
  • Ayat 7-11. Sebutkanlah tiga hal penting yang diajarkan Rasul Paulus agar mereka dapat menggunakan karunia-karunia rohani yang mereka terima dengan baik.

Di ayat 1-3, Rasul Paulus menjelaskan peran Roh Kudus dalam kehidupan mereka sebagai orang-orang percaya. Rasul Paulus mengajak mereka mengingat keadaan mereka sebelum mereka mengenal Allah: mereka menyembah berhala (ay. 2). Namun, oleh pekerjaan Roh Kudus di dalam hati mereka, mereka dapat mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan (ay. 3). Roh Kudus yang sama itulah yang juga memberikan karunia-karunia rohani kepada mereka.

Di ayat 4-6, Rasul Paulus menjelaskan bahwa pemberian karunia-karunia rohani itu dalam hubungannya dengan masing-masing pribadi Allah Tritunggal dan kesatuan karya-Nya. Berbagai macam karunia rohani itu diberikan oleh Roh Kudus, untuk mengerjakan berbagai macam pelayanan yang merupakan kelanjutan pelayanan Tuhan Yesus Kristus, dan kuasa Allah Bapa sendirilah yang bekerja di dalam semua karya pelayanan itu. Di dalam pelayanan yang kita lakukan, apapun bentuknya, Allah Tritunggal senantiasa hadir untuk menopang kita.

Di ayat 7-11 Rasul Paulus menegaskan tiga hal penting mengenai karunia-karunia rohani. Pertama, karunia-karunia rohani itu diberikan bukan untuk kepentingan pribadi orang-orang yang menerimanya, melainkan untuk kepentingan bersama (ay. 7). Kedua, setiap orang menerima karunia rohani yang berbeda-beda, dan karena itu harus digunakan dalam sebuah kerja sama untuk saling melengkapi (ay. 8-10). Ketiga, karunia-karunia itu diberikan menurut kehendak-Nya (ay. 11). 

REFLEKSI
Di dalam pelayanan yang kita lakukan, selalu ada Allah Tritunggal yang menopang kita. 

TEKADKU
Tuhan, berikanlah aku ketulusan untuk bekerja sama dengan siapa pun yang Kau sediakan sebagai rekan dalam pelayananku. 

TINDAKANKU
Hari ini aku akan berdoa bagi dua orang rekan pelayananku, dan juga bagi keluarga mereka.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«