suplemenGKI.com

Bacaan : 2 Korintus 4 : 1-6.

 

MAJU TERUS MENJALANKAN TUGAS AGUNG

 

PENGANTAR
Dalam pasal ini Rasul Paulus mau mengatakan sesuatu tentang tugas agung pemberitaan kabar baik kepada orang yang belum percaya kepada Yesus Kristus. Dalam menjalankan tugas agung tersebut Paulus mendapat  tantangan dan respon negatif dari orang-orang yang tidak senang terhadap Paulus dan kabar baik yang disampaikan.

PEMAHAMAN

  1. Bagaimana sikap Paulus menghadapi respon negatif dari orang-orang yang tidak senang dengan pelayanan Paulus ? ( ayat 1- 2 )
  2. Bagaimana keyakinan Paulus dalam pemberitaan Injil ? ( ayat 3- 6 ).

Dalam memberitakan kabar baik ( Injil ), pemberitaan rasul Paulus tidaklah mulus. Ada orang-orang yang menolak dan menentangnya,mereka adalah para pemimpin agama Yahudi ( band. Kis 13 : 44-45, 17 : 5-9, 18 :5-6,12-31 ). Mereka menolak kabar baik ( Injil ) disebabkan para pendengarnya ( pemimpin agama Yahudi ) dibutakan oleh  illah dunia ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus yang adalah gambaran Allah (ayat 4). Dalam menghadapi respon negatif tersebut rasul Paulus menyatakan sikapnya bahwa  ia tidak pernah tawar hati dalam tugas yang diberikan kepadanya. Implikasinya adalah, Pertama :  Paulus menyadari bahwa ada suatu tugas agung  yang harus tetap dijalankan dan hal itu membuatnya maju terus. Jikalau dalam menjalankan tugasnya ada yang menolak bahkan menentangnya, ia tidak perlu putus asa dan kapok tetapi tugas agung tersebut memberikan kekuatan sendiri. Kedua : Paulus ingat akan Anugerah Allah yang telah ia terima. Anugerah Allah yang begitu besar telah menyelamatkan dirinya sehingga Paulus  ingin menggunakan seluruh hidupnya  untuk melakukan  sesuatu bagi Allah yang telah menyelamatkan hidupnya.

Dalam pemberitaannya Paulus menyampaikan tentang kemuliaan Kristus. Dalam konteks ini, kemuliaan Kristus terjadi karena Ia adalah gambar Allah yang sesungguhnya. Namun pada saat yang sama Kristus yang adalah gambar Allah pada hakikatnya adalah Tuhan. Karena itu rasul Paulus menyatakan, “sebab bukan diri kami yang kami beritakan, tetapi Yesus Kristus adalah Tuhan” (ayat 5). Itu sebabnya rasul Paulus tidak pernah menyerah dan mengeluh dalam memberitakan Injil karena ia tahu bahwa itu adalah tugas yang agung. Apapun rintangannya, ia akan tetap menjalankan tugasnya. Maju terus ! bagaimana dengan saudara ?

 

REFLEKSI
Jawablah pertanyaan ini dengan jujur. Apakah saudara mengambil bagian dalam pelayanan ? siapa yang saudara layani ? bagaimana sikap  saudara dalam melayani ? bagaimana sikap saudara jika mengalami rintangan/masalah dalam pelayanan ?

 

TEKADKU
Ya Tuhan, saya sadar bahwa sesungguhnya saya melayani Tuhan yang Maha Mulia, namun seringkali kami memiliki sikap yang kurang benar  dalam melayani Tuhan. Ampunilah kami ya Tuhan.

 

TINDAKANKU
Mulai hari ini saya sadar bahwa melayani Tuhan haruslah dilakukan dengan kesungguhan hati dan siap menghadapi rintangan dan penolakan.

 

 

———————————————————-

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*