suplemenGKI.com

DOA DAN KEPERCAYAAN

Mazmur 16 : 1 – 11

 

PENGANTAR
Tidak seorangpun yang mengetahui apa yang akan terjadi pada hari esok, apa yang akan kita jalani, dan apa yang akan kita hadapi. Sehebat apapun seseorang, dia tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dalam hidupnya dan apa yang akan ia hadapi pada hari esok. Demikian juga Daud, yang banyak menghadapi liku-liku kehidupan yang penuh cobaan. Melalui renungan hari ini kita akan belajar dari Daud, bagaimana ia menghadapi setiap tantangan dan pencobaan hidup.

PEMAHAMAN

  1. Apa isi doa Daud ketika sedang menghadapi tantangan dan pencobaan ? ( ayat 1-6 )
  2. Bagaimana Daud menyatakan iman kepercayaannya dalam doanya ? ( ayat 7-11 )

Pada saat itu Daud sedang menghadapi pencobaan demi pencobaan. Daud sedang mengalami pengkianatan dari teman-teman dan orang-orang terdekatnya. Apalagi musuh-musuhnya juga mengancam nyawanya. Betapa pedih dan beratnya Daud menghadapi semua pencobaan tersebut. Kebanyakan orang biasanya mengeluh dan putus asa ketika menghadapi pergumulan berat seperti itu. Namun bagi Daud memiliki cara tersendiri dalam mengatasi persoalan dan pencobaan.

Yang pertama : Daud berdoa memohon kepada Tuhan untuk melindunginya ( ayat 1-6). Daud sadar bahwa dalam perjalanan hidupnya, ia terus mendapatkan pertolongan dan perlindungan Tuhan. Bagi Daud Tuhan adalah tempat perlindungan yang paling aman di dunia ini. Itu sebabnya setiap kali Daud menghdapi persoalan kehidupan, ia datang kepada Tuhan, memohon perlindungan Tuhan. Sesungguhnya setiap orang percaya membutuhkan perlindungan. Jadikanlah Tuhan sebagai tempat perlindungan anda.

Kedua : Dalam doanya Daud menyatakan iman kepercayaannya ( ayat 7-11 ). Daud menyadari bahwa hidupnya berada di tangan Tuhan. Suka duka, kaya miskin, sehat sakit tidak pernah lepas dari rencana dan kehendak Tuhan. Bahkan ketika Daud berada dalam lembah kelam sekalipun Tuhan menyertai Daud. Oleh sebab itu Daud yakin bahwa Tuhan adalah penyelamat dan penjaga hidupnya. Sehingga ketika menghadapi pencobaan Daud berdoa untuk menyatakan iman kepercayaannya kepada Tuhan. Ia ingin menambatkan imannya hanya kepada Tuhan. Hal ini mengajar kepada kita supaya dalam menghadapi segala pergumulan hidup ini, kita percaya kepada Tuhan.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan ! Dalam menjalani kehidupan ini, apakah anda menjadikan Tuhan sebagai tempat perlindungan ? Apakah anda juga menambatkan iman anda kepada Tuhan ?

TEKADKU
Ya Tuhan, kami menyadari bahwa dalam menjalani hidup ini tidaklah mudah. Terkadang kami harus menghadapi banyak pencobaan. Lindungilah kami ya Tuhan, supaya kami aman dalam naungan-Mu.

TINDAKANKU
Dalam menjalani kehidupan ini, saya akan terus berdoa memohon perlindungan Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«