suplemenGKI.com

Jumat, 12 Maret 2021

11/03/2021

Efesus 2:1-10

 

“AKIBAT DOSA VS INDAHNYA ANUGERAH”

Pengantar:
Setiap tindakan atau perbuatan yang menghasilkan akibat selalu merupakan tindakan atau perbuatan yang tidak baik, itu sebabnya hasilnya dikatakan akibat. Konotasi dari akibat adalah sesuatu yang identik dengan ganjaran atau hukuman karena melakukan tindakan atau perbuatan tidak benar. Misalnya seseorang pengendara sepeda motor melakukan tindakan atau perbuatan yang melanggar rambu-rambu lalu-lintas, akibatnya ia akan dihukum atau ditilang oleh polisi. Dalam perenungan firman Tuhan hari ini kita diingatkan pada bahaya akibat hidup dalam dosa dan memutuskan untuk mengarahkan hidup pada anugerah Allah.

Pemahaman:

1)      Pesan apa yang bisa kita tangkap dari pernyataan Paulus dalam ayat 1-3?

2)      Apa yang hendak ditekankan oleh Paulus dalam ayat 4-9?

3)      Apa yang Allah kehendaki bagi orang yang telah mengalami anugerah-Nya? (v. 10)

Pada ayat 1-3 Paulus menguraikan kondisi hidup manusia yang dibelenggu oleh dosa. Mereka mengikuti jalan dunia, dikendalikan oleh hal-hal yang bersifat jahat sehingga menjadi orang durhaka atau hidup dalam ketidaktaatan, hidup dikuasai hawa nafsu daging yaitu prinsip-prinsip duniawi dengan segala pikiran yang jahat yang akan menghancurkannya dan tidak layak di hadapan Allah sehingga pantas dimurkai atau dihukum. Rupanya Paulus ingin mengingatkan dan mengajak jemaat Tuhan di Efesus agar meninggalkan gaya hidup yang menuju pada kebinasaan dan mengarahkan hidup pada anugerah Allah. Itulah sebabnya Paulus melanjutkan dengan menunjukan perbandingan gaya dan pengaruh dunia yang akan membinasakan dengan apa yang disediakan Allah di dalam Kristus, yaitu Allah adalah kaya dengan rahmat, melimpah dengan kasih yang dapat menghidupkan dalam arti menyelamatkan manusia yang telah mati karena dosa. Dan keselamatan atau kehidupan yang disediakan oleh Allah itu adalah karena kasih karunia-Nya, bukan karena hasil usaha atau hasil pekerjaan manusia tetapi semata-mata karena kasih karunia Allah. Artinya keselamatan itu adalah anugerah pemberian Allah karena manusia pasti tidak bisa memperolehnya dengan apapun usaha maupun daya manusia. Itu sebabnya Allah menghendaki agar manusia yang sudah menerima keselamatan dari Allah untuk terus menghidupi keselamatan itu melalui setiap pekerjaan baik yang telah ditentukan oleh Allah atau yang sesuai dengan kehendak Allah.

Refleksi:
Saudara, kita adalah orang-orang yang sebelumnya terbiasa hidup dalam dosa dan akibatnya kita pasti akan binasa atau mati kekal. Tetapi kita harus bersyukur kepada Allah karena kasih karunia-Nya telah menyelamatkan kita sehingga kita tidak akan binasa atau mati kekal.

Tekadku:
Tuhan, ajarlah kami untuk selalu mengucap syukur atas anugerah keselamatan yang telah Engkau berikan kepada kami, tolonglah agar kami tidak lagi kembali dalam kebiasaan dosa.

Tindakanku:
Saudara-saudara mari kita menghidupi keselamatan yang telah Tuhan anugerahkan kepada kita dengan melakukan pekerjaan-pekerjaan baik yang telah dipersiapkan Allah bagi kita yaitu menghidupkan kebenaran Tuhan dalam hidup kita sehari-hari.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«