suplemenGKI.com

I Korintus 6:12-18

MENJAGA HATI DAN PIKIRAN

 

Pengantar
Kota Korintus adalah sebuah kota besar yang berada di wilayah Yunani Selatan. Kota pelabuhan yang menghubungkan wilayah Barat dan Timur.  
Kota ini cukup terkenal oleh karena merupakan salah satu kota penting di masa Perjanjian Baru. Merupakan pusat dari propinsi Romawi dan menjadi salah satu kota perdagangan, politik, budaya, kesenian, pengetahuan dan agama.

Pemahaman

Ayat 12-15           Apa yang Paulus ajarkan mengenai hal-hal yang halal dan berguna?

Ayat 16-18           Apa nasihat Paulus kepada jemaat Kristen di kota Korintus?

Jemaat Kristen di kota Korintus didominasi oleh orang-orang yang angkuh dan sombong iman. Mereka menganggap telah memiliki pengetahuan yang tinggi dan menjadi pemeluk agama Kristen yang paling taat dan dipenuhi Roh Kudus. Yang sangat disayangkan adalah beberapa anggota jemaat justru terjebak pada aliran-aliran sesat yang menghalalkan seks bebas. Paulus didalam surat pastoralnya yang pertama kepada jemaat Kristen di kota Korintus memperingatkan tentang pentingnya menjaga tubuh dari percabulan. Bagi Paulus menjaga hati untuk tidak terpengaruh pada hal-hal negatif menjadi sangat penting (ayat 12). Tubuh seharusnya dipersembahkan untuk TUHAN, untuk melakukan hal-hal baik dan berkenan dihadapan TUHAN (ayat 13-15)

Paulus menentang percabulan. Namun yang jauh lebih penting Paulus mengharamkan perbuatan dosa (ayat 16). Bagi Paulus seharusnya setiap orang menjaga tubuh dari perbuatan jahat. Paulus menghendaki jemaat Kristen di kota Korintus menjaga hati untuk tetap berpaut pada TUHAN (ayat 18)

Saat ini tidak sedikit pengaruh negatif ada disekitar kehidupan umat TUHAN. Kemajuan teknologi disatu sisi memberi dampak positif tetapi disisi lain membawa dampak negatif. Memperhatikan nasihat Paulus kepada jemaat Kristen di Korintus, kita diingatkan untuk menjaga hati dan pikiran kita dari hal-hal negatif.

Refleksi
Sudahkah kita menjaga hati dan pikiran kita dari hal-hal negatif? Ataukah kita saat ini masih membiarkan diri terjebak pada perbuatan perbuatan negatif? Menjaga hati dan pikiran dari hal-hal negatif akan membantu kita melakukan hal-hal positif.

Tekadku
Ya Allah. Jangan biarkan saya hidup dalam dosa. Jangan biarkan saya terpengaruh pada hal-hal negatif. Kuatkan dan mampukan hati dan pikiran saya untuk tetap tertuju kepada TUHAN.

Tindakanku
Ikut serta dalam berbagai kegiatan gereja. Semakin tekun membaca dan merenungkan firman TUHAN.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«