suplemenGKI.com

CAHAYA KRISTUS SUMBER KEKUATANKU

II Korintus 4:7-12

Cahaya kasih KRISTUS bukan sekedar memberikan inspirasi dalam hidup sehari-hari tapi juga memberikan kekuatan  di tengah segala tantangan dan rintangan.

Ayat  7             : Dalam ayat ini cahaya KRISTUS diibaratkan seperti apa? Apakah artinya?

Ayat 8-9          : Mengapa rasul Paulus mampu menghadapi setiap kesulitan dan penderitaa?

Ayat 10-12      : Apakah hikmat yang diajarkan Paulus dari refleksi atas penderitaan yang pernah dialaminya?

Renungan:

Paulus  menyebut cahaya KRISTUS  sebagai “ harta dalam bejana tanah liat”. Yang dimaksud adalah kekuatan dari ALLAH  di dalam penderitaan. Paulus memberikan kesaksian bahwa “harta dalam bejana  tanah liat” itu sungguh dimilikinya dalam  setiap kesulitan dan penderitaan yang harus dihadapi.  Dia mendapatkan kekuatan dari ALLAH dalam penderitaannya. Inilah yang membuat dia tidak putus asa dalam menghadapi rintangan sesulit apa pun. Dia ditindas namun tidak terjepit; habis akal dan menemui jalan buntu namun tidak putus asa, dianiaya tapi tidak ditinggalkan sendirian, disiksa atau dihempaskan namun tidak binasa.  Cahaya kemuliaan KRISTUS  akan semakin bersinar justru di tengah penderitaan. Penderitaan tidak membuat putus asa. Penderitaan tidak dapat menjadi alasan untuk mengambil jalan pintas. Penderitaan tidak membuat orang percaya kehilangan pegangan nilai-nilai yang luhur dan mulia. Penderitaan tidak membuat  orang percaya kehilangan kasih dan solidaritas sosial.

Rasul Paulus sungguh merasakan cahaya KRISTUS yang menerangi hidunya memberikan kekuatan di segala jalan yang penuh derita. Dia menghayati bahwa ketika berhadapan dengan penderitaan, sesungguhnya sedang membawa kematian KRISTUS dalam hidupnya dan siap mengalami kebangkitan KRISTUS yang memberi kehidupan baru. Karena itulah sekalipun Paulus sering mengalami penderitaan namun tidak kehilangan gairah untuk melayani TUHAN. Melalui kegairahan hidup pelayanannya, orang akan melihat cahaya KRISTUS yang memberikan kekuatan bagi setiap orang. Semangat serta keteguhan iman dan pengharapan akan membuat cahaya KRISTUS semakin terpancar ke luar.

Memang kesulitan, rintangan dan penderitaan akan selalu mungkin kita alami selama kita hidup berkarya di dunia ini. Sekalipun demikian jangan pernah takut melangkah sebab cahaya KRISTUS yang menerangi kita jauh lebih besar daripada kesulitan dan penderitaan yang ada di depan kita. Jika Saudara mulai goyah dan kehilangan arah di tengah kesulitan dan penderitaan, segeralah melangkah untuk berjumpa dengan TUHAN, agar cahaya kasih dan kekuatan-Nya terus menerangi Saudara.

Kesulitan dan penderitaan tidak menghancurkan kita apabila kita memiliki  cahaya KRISTUS yang memberi kekuatan

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«