suplemenGKI.com

SETIALAH

Mal 2:10-17

 

 

Pengantar
Bangsa Israel sejak awal memasuki tanah Kanaan sudah diberi tahu bahwa mereka tidak boleh mengikat perjanjian dengan bangsa lain/asing dalam ikatan pernikahan, karena kalau hal itu terjadi maka bangsa Israel dikuatirkan akan ikut menyembah berhala, dimana hal ini merupakan kekejian bagi Allah (Kel 34:15,16; Ul 7:3,4). Tuhan mengingatkan kepada bangsa Israel untuk berlaku setia dengan tidak berpaling kepada illah lain dan setia berpegang pada janjiNya.

 

Pemahaman
-Ay 10-11, Apa yang dikatakan nabi Maleakhi kepada bangsa Israel?
-Ay 12, Apa yang akan dilakukan Tuhan terhadap bangsa Israel?
-Ay 13-14,Dosa apakah yang dilakukan bangsa Israel?
-Ay 15-17, Apa yang diharapkan Tuhan kepada bangsa Israel?

 

Bangsa Israel diingatkan oleh nabi Maleakhi bahwa mereka memiliki satu Bapa, dimana Allah yang menciptakan mereka semua adalah satu. Allah telah mengikat perjanjian dengan umatNya. Namun bangsa Israel justru melupakan perjanjian tersebut dengan cara memasukkan orang /bangsa lain dalam kehidupan bersama melalui perkawinan campur. Perkawinan campur terjadi antara bangsa Israel dengan bangsa lain yang tidak mengenal Tuhan, hal ini dianggap sebagai pengkhianatan akan perjanjian dengan Tuhan.

Tuhan sangat serius sekali menanggapi pernikahan campuran tersebut, sehingga Tuhan berjanji akan melenyapkan keturunan yang melakukan hal ini.

Nabi Maleakhi juga mengingatkan akan dosa bangsa Israel yang lain yaitu mereka tidak setia dengan pasangan hidupnya, bahkan dari antara mereka telah melakukan perceraian dengan pasangan hidupnya. Hal ini juga tidak diperkenan oleh Tuhan, bahkan Tuhan membenci perceraian itu. Maka bangsa Israel diingatkan untuk tidak berkhianat kepada pasangan hidupnya.

Kata setialah yang menjadi inti pembelajaran firman Tuhan pada hari ini. Setialah kepada Tuhan jangan berpaling kepada illah lain, maupun setialah kepada pasangan hidup kita masing-masing.

Refleksi
Ambil waktu beberapa menit untuk merenungkan: Apakah saya setia dengan Tuhan? Apakah saya setia dengan pasangan hidup saya? Apakah saya sudah meluangkan waktu dengan benar baik kepada Tuhan maupun pasangan hidup saya?

Tekadku
Ya Tuhan, ajarkanlah kami untuk hidup setia kepada Tuhan dan setia kepada pasangan hidup kami masing-masing, sehingga kami mampu menjaga kekudusan hidup kami baik dihadapan Tuhan dan dihadapan pasangan kami.

Tindakan
Hari ini, saya akan meluangkan waktu untuk Tuhan dan pasangan hidup saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*