suplemenGKI.com

Jumat, 11 Maret 2016

10/03/2016

Filipi 3:4-11

Mengenal dan Menyelami Karya Kristus

 

PENGANTAR
Tantangan besar yang tengah dihadapi oleh jemaat Kristen di Filipi adalah ajaran Yudaisme yang dianut oleh masyarakat Yahudi. Yudaisme merupakan agama orang Yahudi yang berpegang teguh pada Taurat dan berbagai aturan lainnya. Di kota Filipi jumlah penganut Yudaisme sangat besar. Mereka juga berusaha mempengaruhi jemaat-jemaat Kristen yang ada di kota tersebut. Persoalan bertambah besar ketika didalam jemaat Kristen di kota Filipi terdapat anggota jemaat Kristen keturunan Yahudi yang masih berpegang pada Taurat. Hal ini tentu mengakibatkan persoalan dan pertentangan yang meresahkan di dalam tubuh jemaat Kristen di Filipi. Paulus yang mendengar hal ini langsung merespon dengan mengirimkan surat kepada jemaat.

 

PEMAHAMAN

Filipi 3:4-7       Bagaimanakah tanggapan Paulus tentang ajaran Yudaisme?

Filipi 3:8-9       Apakah yang diyakini oleh Paulus setelah mengenal Kristus?

Filipi 3:10-11   Apakah yang menjadi pengharapan Paulus setelah mengenal Kristus?

Paulus adalah seorang Yahudi dan penganut Yudaisme yang telah mengenal dan menerima Kristus sebagai Juru selamat. Sebagai seorang Yahudi Paulus dikenal sangat menguasai Taurat. Itulah sebabnya dalam teks bacaan Paulus menyampaikan bahwa Taurat dengan berbagai peraturan-peraturan Yahudi bersifat lahiriah semata (ayat 4-6). Dahulu Paulus adalah seorang Yahudi dan taat pada Taurat dan aturan-aturan adat istiadat Yahudi, bahkan dia juga berperan dalam menganiaya jemaat Kristen. Namun setelah Paulus mengenal Kristus semua itu bagi Paulus adalah sebuah kerugian (ayat 7).

Mengenal Kristus telah menolong Paulus memahami bahwa menaati hukum Taurat tidaklah membawanya kepada kebenaran yang sejati. Justru ketika Paulus mengenal Kristus, semakin menyelami karya-Nya, dan mengimani-Nya, ia mendapati kebenaran yang sejati (ayat 8-9). Paulus beranggapan bahwa mengenal dan mengimani Kristus lebih mulia ketimbang terjebak dalam berbagai aturan yang tidak membawa kepada keselamatan.

Paulus berharap dia dapat terus mengenal dan menyelami karya Keselamatan yang Kristus kerjakan (ayat 10). Paulus berkerinduan untuk dapat terus hidup dalam karya keselamatan Kristus tersebut agar pada akhirnya dia juga turut dibangkitkan pada kedatangan Kristus yang kedua dan tinggal bersama-sama dengan DIA di kerajaan-Nya (ayat 11).

Mengenal dan mengimani Kristus secara mendalam telah menolong Paulus menyadari bahwa kebenaran sejati hanyalah ada didalam Kristus. Hal itu juga yang seharusnya dilakukan oleh umat Allah di masa sekarang yakni mengenal dan mengimani Kristus dengan sungguh-sungguh. Berbagai ajaran dan pengaruh negatif semakin kuat menerpa kehidupan umat Allah. Tidak sedikit yang terpengaruh hingga akhirnya terjerumus dalam pengajaran yang menyesatkan. Semua pengaruh negatif dan juga ajaran yang menyesatkan hanya dapat dihadapi dengan membangun persekutuan yang akrab dengan Kristus.

REFLEKSI
Sudahkah hubunganku dan persekutuanku dengan Kristus terbangun akrab dan mesra?

TEKAD
Saya berkomitmen untuk terus membangun persekutuan dengan Kristus.

TINDAKAN
Tekun dalam doa dan mempelajari firman Allah.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«