suplemenGKI.com

Jumat, 11 April 2014

10/04/2014

PERTUMBUHAN IMAN

 

Filipi 1:1-11

 

Pengantar
Banyak orang yang berpikir bahwa menjadi pengikut Kristus, hanya dibutuhkan iman. Memang benar bahwa kita diselamatkan karena beriman kepada Tuhan Yesus, namun bukan berarti kita tidak melakukan apa-apa. Iman sendiri perlu bertumbuh, dan harus diusahakan atau digarap untuk bertumbuh. Apa yang Paulus lihat tentang iman jemaat di Filipi? 

Pemahaman

Ay 1-2,                  Apa isi salam dari Paulus dan Timotius?

Ay 3-7                   Apa yang Paulus katakan tentang jemaat di Filipi?

Ay 9-11,                Apa yang menjadi doa Paulus bagi jemaat di Filipi?

Paulus dan Timotius memberi salam kepada jemaat di Filipi dengan mengidentifikasikan diri sebagai hamba-hamba Kristus, Paulus juga berharap bahwa kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah melingkupi jemaat di Filipi.

Paulus bersuka-cita setiap kali mengingat akan jemaat Filipi, dan bahkan ia berdoa terus menerus untuk jemaat Filipi. Paulus bangga mendengar bahwa jemaat Filipi sangat bertekun dalam persekutuan dan dalam memberitakan Injil. Hal ini menunjukkan bahwa iman bertumbuh karena bertekun di dalam FirmanNya.

Paulus juga mengingatkan bahwa yang dapat menjadikan jemaat di Filipi memiliki keteguhan iman karena Tuhan sendirilah yang pertama kali berkehendak atas orang-orang Filipi dan selanjutnya memakai Paulus dan orang-orang yang lainnya.

Paulus berdoa supaya kasih jemaat Filipi semakin melimpah dalam kebenaran, dan semakin dapat membedakan dan memilih mana yang baik dan yang tidak baik. Demikian juga Paulus berharap bahwa jemaat Filipi terus menjaga kesucian hidup dan semakin menghasilkan buah-buah kebenaran dalam hidupnya, supaya dengan demikian jemaat Filipi dapat memuji dan memuliakan Tuhan seumur hidupnya.

Refleksi
Ambil waktu 5-10 menit, untuk merenungkan: Apakah aku sudah menjaga imanku dan membuat imanku bertumbuh? Kalau belum, coba cari penyebab  apa yang menjadikan imanku tidak bertumbuh?

Tekad
Ya Tuhan, ampunilah kami, kalau kami tidak pernah memikirkan iman kami untuk dapat bertumbuh. Kami membiarkan iman kami apa adanya saja. Kami tidak merawatnya dan menyiraminya dengan baik. Oleh sebab itu ya Tuhan, biarlah hari ini kami terus mengusahan agar iman kami bertumbuh.

Tindakanku
Salah satu sarana untuk iman bertumbuh adalah dengan membaca dan merenungkan FirmanNya. Hari ini melakukan saat teduh dengan tenang tanpa didesak waktu dan memberi diri untuk merenungkan FirmanNya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«