suplemenGKI.com

BERKOMUNIKASI DENGAN TUHAN

Mazmur 116:1-9

 

Pengantar
Apa bedanya siaran radio dengan perangkat telepon? Siaran radio adalah sarana komunikasi yang bersifat satu arah. Kita hanya dapat mendengarkan suara penyiar tetapi penyiar tidak dapat mendengarkan suara kita. Berbeda dengan perangkat telepon. Perangkat telepon adalah sarana komunikasi yang bersifat dua arah. Kita dapat mendengarkan suara orang lain dan orang lain dapat juga mendengarkan suara kita. Pada hari ini, pemazmur mengajak kita semua untuk merespons kebaikan Tuhan, sehingga tercipta komunikasi dua arah antara kita sebagai manusia dengan Tuhan, yang menciptakan dan menjaga kita semua.

Pemahaman

  • Ayat 1-4    : Apa yang sedang dialami oleh pemazmur?
  • Ayat 5-9    : Apa yang membuat pemazmur merasa tenang?

Mazmur merupakan syair atau nyanyian tentang kebaikan-kebaikan Tuhan yang dialami oleh pemazmur. Mazmur juga merupakan bentuk doa atau seruan yang sesungguhnya mewakili kehidupan manusia dengan Tuhan. Pemazmur di dalam bacaan pada hari ini menyerukan kepada Tuhan bahwa hidupnya pernah ada di dalam situasi yang sulit, bahkan disampaikan bahwa pemazmur ada di dalam lilitan maut yang juga berarti mengancam nyawanya. Situasi ini pasti bukanlah situasi yang mudah untuk dihadapi oleh siapa saja. Pemazmur mengingat setiap kebaikan Tuhan yang sudah melepaskannya dari ancaman maut tersebut.

Pemazmur juga menyadari bahwa dalam situasi demikian, dirinya bukanlah pribadi yang kuat dalam menghadapi ancaman maut. Di tengah situasi seperti itu, pemazmur tidak putus asa dan mengingat semua pertolongan Tuhan. Pemazmur mengungkapkan bahwa ia mengasihi Tuhan sebab Tuhan mendengar permohonannya dan menyelamatkannya, sehingga jiwa atau perasaannya kembali tenang. Pemazmur memposisikan dirinya sebagai pribadi yang lemah namun tetap ditolong oleh Tuhan. Itulah sebabnya, pemazmur berani berkomunikasi dengan Tuhan dan juga Tuhan mendengarkannya. Hal ini adalah bentuk kekuatan iman yang dimiliki oleh pemazmur, sekalipun kita tahu bahwa di dalam Mazmur ini pun kita tidak mendengar atau membaca jawaban dari Tuhan. Itu membuktikan bahwa pemazmur memiliki hubungan yang dalam dan kuat yang membuktikan imannya yang besar kepada Tuhan.

Hubungan yang dalam dan kuat dengan Tuhan dapat terbentuk karena pemazmur mengalami berbagai bentuk penyertaan Tuhan di dalam kehidupannya. Hati yang tulus dan rindu untuk selalu berseru kepada-Nya juga menjadi jalan bagi pemazmur untuk memahami jawaban dari Tuhan. Tuhan pasti akan melepaskan setiap orang yang percaya kepada-Nya dari jeratan maut dan keputusasaan, dan Ia menyelamatkan manusia dari berbagai ancaman.

Refleksi
Kita adalah manusia yang lemah dan lebih sering membuat diri kita sendiri terancam akan masalah-masalah yang besar karena ada banyak keinginan yang ingin kita penuhi. Terkadang kita tidak sadar bahwa kita melupakan Tuhan dan tidak berkomunikasi dengan-Nya. Di sisi lain, bisa jadi kita juga secara sengaja melupakan Dia sejenak demi mencapai apa yang kita inginkan. Pada hari ini, pemazmur mengajak kita untuk bersama merenungkan relasi atau hubungan kita dengan Tuhan. Pemazmur juga adalah manusia yang lemah, namun selalu mampu menyerahkan dirinya kepada Tuhan dan memohon pertolongan dari-Nya, sehingga ia dilepaskan oleh Tuhan dari berbagai hal yang mengancam kehidupannya. Marilah kita mencontoh kehidupan pemazmur untuk selalu membangun komunikasi yang rutin dan erat dengan Tuhan! 

Tekadku
Tuhan, hati kami begitu rindu untuk dipenuhi oleh cinta kasih-Mu. Kami akan memakai hari ini dan seterusnya untuk dapat selalu membangun komunikasi yang erat dengan-Mu supaya cinta kasih-Mu dapat kami rasakan di dalam kehidupan kami setiap saat.

Tindakanku
Dimulai dari diri saya sendiri, saya akan:
1)      semakin rajin berkomunikasi dengan Tuhan lewat doa, puji-pujian, dan merenungkan Firman-Nya.
2)      mengajak anggota keluarga yang lain untuk bersama-sama berdoa, memuji Tuhan, dan merenungkan Firman Tuhan setiap hari.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*