suplemenGKI.com

Jumat, 10 Maret 2017

09/03/2017

Rindu Makin Mengenal TUHAN

Yohanes 3:1-7

Pengantar
Tak kenal maka tak sayang. Akan sulit bagi kita untuk bisa menyayangi seseorang tanpa mengenal dia secara baik terlebih dahulu. Pengenalan akan TUHAN pun sama. Kita akan semakin mencintai TUHAN bila kita mengenal-Nya secara mendalam. Inilah yang akan kita renungkan melalui bacaan hari ini.

Pemahaman

  • Ayat 1   : Siapakah Nikodemus?
  • Ayat 2 : Menurut Saudara, mengapa Nikodemus  menjumpai YESUS pada waktu malam? Bagi Nikodemus, siapakah YESUS?
  • Ayat 3-7: Apakah Nikodemus mengenal YESUS dengan baik?

Nikodemus adalah seorang Farisi, suatu kelompok keagamaan Yahudi yang terkenal karena ketaatan mereka menjalankan hukum Taurat. Ia juga pemimpin agama Yahudi. Dengan demikian pengetahuan dan kesalehan Nikodemus tidak perlu diragukan.  Yang menarik adalah Nikodemus datang menjumpai YESUS pada waktu malam. Mengapa Nikodemus harus datang malam-malam? Mungkin ia tidak ingin menimbulkan polemik di kalangan orang-orang Farisi sehingga dirinya bisa bermasalah. Nikodemus bukanlah orang biasa-biasa saja. Dengan jelas dikatakan bahwa statusnya adalah sebagai seorang pemimpin agama Yahudi. (ay 1). Masa seorang guru besar, seorang pemimpin pergi merendahkan dirinya untuk menemui seseorang? Maka sebagian orang berpendapat bahwa ia memilih waktu gelap agar tidak ketahuan. Kedatangannya memang bukan di jam normal, sehingga setiap kali Yohanes menyinggung tentang Nikodemus, ia selalu menghubungkannya dengan waktu kedatangan Nikodemus yang aneh ini. (19:39). “Nikodemus yang itu lho… yang datang malam-malam menemui Yesus..” kira-kira seperti itu kata Yohanes tentang Nikodemus pemimpin agama Yahudi, orang Farisi.

Hal menarik yang dapat diperhatikan dari Nikodemus adalah keingintahuan yang mendalam akan pengajaran YESUS. Sebagai seorang ahli Taurat dan pemimpin agama, sebenarnya dia telah punya banyak pengetahuan tentang Firman TUHAN namun keingintahuan begitu besar dalam dirinya, tidak puas akan apa yang telah diketahui. Nikodemus memperhatikan fenomena yang terjadi dikalangan orang Yahudi dari pekerjaan yang dilakukan oleh YESUS yang mengindikasikan bahwa YESUS adalah yang diutus ALLAH (9:31 dst.). Inilah yang membawanya untuk berjumpa dengan YESUS.Patut untuk di tiru sikap Nikodemus yang positif, mau terbukamempelajari dan menanggapi sesuatu yang baru untuk diketahui dan dipahami.  Dia menjumpai YESUS bukan untuk berkonfrontasi tapi untuk mengenal YESUS secara lebih dalam. Oleh karena itulah YESUS langsung mengajar Nikodemus tentang kelahiran kembali. 

Refleksi
Sejenak peganglah Alkitab. Dalam keheningan ingatlah apakah Anda  selalu rindu mengenal TUHAN & Firman-Nya? Sejauh apakah Anda mengenal TUHAN? Apakah Anda selalu menyediakan waktu untuk mendengar TUHAN melalui pendalaman Firman TUHAN?

Tekadku
Ya TUHAN, berkatilah kerinduanku untuk makin mengenal-Mu.

Tindakanku
Aku akan terus menyediakan waktu untuk belajar Firman TUHAN baik secara pribadi maupun dalam pemahaman  Alkitab bersama kelompok.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«