suplemenGKI.com

Jumat, 10 Juni 2016

09/06/2016

HIDUP OLEH IMAN KEPADA KRISTUS

Galatia 2:15-21

 

Pengantar
Apakah  Saudara bisa menyanyikan lagu ini?

“Adapun hidupku kini bukannya aku lagi. Melainkan Yesus yang hidup di dalamku. Tetapi hidup yang sekarang, aku hidup di dalam tubuh ini. Aku hidup di dalam iman kepada Anak Allah, yang mengasihiku dan yang menyerahkan diri-Nya kar`na aku”

Lagu di atas merupakan mengungkapkan sebuah tekad dan keyakinan seorang yang telah diselamatkan oleh Kristus. Ia menyadari hidup yang sekarang dimilikinya adalah karena anugerah Tuhan; pemberian yang sungguh indah dan menjadikannya hidup baru di dalam Tuhan. Seorang yang hidup dalam Kristus, akan memberikan seluruh hidup-Nya untuk menjadi tempat kediaman Allah.

Pemahaman

  • Ayat 15-16  : Masalah apakah yang sebenarnya terjadi pada jemaat di Galatia?
  • Ayat 18         : Apa maksud dari perkataan Paulus pada ayat 18?
  • Ayat 20-21  : Apa maksud dari pernyataan Paulus di ayat 20-21?

Permasalahan yang terjadi pada jemaat di Galatia saat itu adalah adanya kelompok Yahudi yang masih memegang teguh kepercayaan bahwa keselamatan itu didapatkan hanya karena melakukan hukum Taurat dengan sempurna dan dengan melakukan perbuatan baik. Bahkan kelompok ini sangat eksklusif dan tidak mau bersentuhan dengan orang Yahudi di luar kelompok mereka.  Biasanya hal ini terjadi ketika mereka bertemu di meja makan. Orang Yahudi dari golongan bersunat tidak mau duduk bersama-sama dengan orang Yahudi dari golongan tidak bersunat. Oleh sebab itu di ayat 16 Paulus ingin meluruskan kembali pemahaman mereka yang keliru. Tidak ada seorang pun yang dibenarkan dan diselamatkan oleh hukum Taurat. Keselamatan hanya diperoleh melalui iman di dalam Kristus Yesus. Paulus meyakini bahwa anugerah hanya mungkin diperoleh melalui penyerahan diri secara total kepada Kristus.  Bahkan lebih lanjut Paulus menceritakan berdasarkan pengalaman pribadinya. Bagi Paulus, membangun kembali struktur hukum Taurat yang telah dirombaknya, sama halnya dengan mengakhiri hidupnya secara rohani ( v. 18 ). Paulus meyakini bahwa kehidupannya sudah terbebas dari hukum Taurat, dan kini Kristus hidup dalam dirinya. Pernyataannya di ayat 20-21 memiliki maksud bahwa ia bukanlah siapa-siapa tanpa anugerah Tuhan. Oleh sebab itu, hidupnya yang sekarang adalah hidup oleh iman kepada Anak Allah yang telah mengasihi dan menyerahkan diri-Nya untuk orang berdosa.

Refleksi
Berdiam dirilah sejenak. Ingatlah kembali bahwa Kristus telah memberikan anugerah keselamatan secara cuma-cuma bagi kita. Kristus tidak pernah memandang status dan latar belakang kehidupan kita. Jika hingga detik ini kita hidup, maka hidup yang kita diami ini hanya karena iman percaya kepada-Nya. Apakah yang harus kita lakukan sebagai seorang yang hidup oleh iman kepada Kristus?

Tekad
Tuhan, sebagai seorang yang hidup oleh karena iman percaya kepada-Mu, aku mau menjadi orang yang senantiasa bersyukur dan menyadari bahwa Engkau menyelamatkanku hanya karena Anugerah. Ajarku untuk tetap hidup di dalam kebenaran-Mu yang sejati.

Tindakan
Sebagai seorang yang hidup oleh iman kepada Kristus, aku akan meninggalkan kesenangan duniawi yang saat ini masih ku lakukan. Aku mau lebih erat menjalin persekutuan dengan Tuhan Yesus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*