suplemenGKI.com

Jumat 10 Juli 2020

09/07/2020

RANCANGAN TUHAN ATASI SEGALA HALANGAN

Yesaya 55: 10 – 13

  

Pengantar
Saat ini, seluruh masyarakat dunia sedang terguncang dan gelisah dengan adanya wabah Covid-19. Kehidupan yang dulunya dapat berjalan sebagaimana wajarnya, kini berubah menjadi tidak pasti, dan tidak tahu kapan situasi ini akan berakhir. Ada banyak rancangan yang dibuat pemerintah atau lembaga serta para ahli di bidang terkait untuk mengatasi situasi ini. Ada banyak aturan dan prosedur yang harus menjadi bagian dari kebiasaan baru. Ada yang berhasil atau membawa perubahan ke arah yang lebih baik, tapi ada yang belum terjadi sesuai harapan, karena juga membutuhkan kesadaran dan keterlibatan semua pihak. Hari ini kita kita diajak membaca kitab  Yesaya 55: 10 – 13  untuk melihat kabar kepastian dari setiap rancangan baik TUHAN.

Pemahaman
Ayat  10 – 11       :  Bagaimana hasil dari rancangan TUHAN?
Ayat  12 – 13       :  Bagaimana situasi yang akan dialami oleh umat TUHAN?

TUHAN sedang merancangkan pemulihan (baca: penyelamatan) umat-NYA, dan itu dinyatakan dengan sebuah jaminan yang kuat, bahwa kuasa firman yang disampaikan (baca: bekerja) pasti akan berhasil. Seperti kepastian air yang mengalir turun (bergerak) memberi kehidupan pada bumi untuk menghasilkan hal-hal yang baik. Bahwa segala sesuatu yang telah dirancangkan atau telah difirmankan TUHAN tidak akan pernah gagal ataupun sia-sia, tetapi pasti tercapai sesuai kehendak-NYA, karena tidak ada yang bisa menghalangi.

Dengan demikian umat-NYA akan kembali (pulang) dari tanah pembuangan dengan penuh sukacita. Mereka akan dihantar dengan damai serta kemeriahan alam, dan kehidupan mereka akan berubah (berganti) menjadi baik, sebagaimana dinyatakan bahwa akan tumbuh pohon sanobar sebagai ganti semak duri, dan akan tumbuh pohon murad sebagai ganti kecubung.

Namun perlu dingat, bahwa semua itu akan terjadi sebagai kemashyuran bagi TUHAN, sebagai tanda abadi yang tidak akan lenyap. Jadi bukan untuk menjadi kebanggaan atau kesombongan hidup kita, tetapi untuk kemuliaan TUHAN yang tidak akan tergantikan selamanya. Dan bahwa rancangan TUHAN mengatasi segala halangan.

Refleksi
Marilah kita berdiam diri sejenak dan mencoba merenungkan beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Apakah kita percaya akan kepastian rancangan baik TUHAN bagi hidup kita? Sekalipun saat ini sedang terguncang dan gelisah dengan adanya wabah Covid-19.
  • Apakah kita tetap bisa mengalami sukacita karena hidup dalam rancangan baik TUHAN? Dan berbagi sukacita bagi sesama. 

Tekad
TUHAN, jadikan aku sebagai umat-MU yang percaya dan mengalami sukacita karena rancangan baik TUHAN dalam hidupku. 

Tindakanku
Saya akan memashyurkan TUHAN di dalam setiap kehidupanku, dengan merancangkan dan berbuat hal yang baik bagi sesama di tengah situasi wabah Covid-19 ini, agar semua makhluk bersukacita.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«