suplemenGKI.com

Jumat, 10 Juli 2015.

09/07/2015

Bacaan : Efesus 1 : 7-8.

“ANUGERAH ALLAH : PENGAMPUNAN DOSA”

PENGANTAR.
Konsep pembebasan menunjuk  kepada tindakan pembebasan terhadap seseorang dari keadaan dimana orang yang dibebaskan tidak mampu membebaskan dirinya sendiri atau tindakan pembebasan seseorang dari suatu denda atau hukuman dimana orang tersebut tidak akan pernah dapat membayarnya.

PEMAHAMAN.

  1. Apa dasar pengampunan dosa yang dilakukan Tuhan  ? ( ayat 7)
  2. Bagaimana pengampunan dosa itu diberikan ? ( ayat 8 )

Rasul Paulus mengatakan bahwa Allah membebaskan manusia dari suatu keadaan dimana manusia tidak akan pernah dapat membebaskan diri mereka sendiri. Seperti apa keadaan manusia sehingga manusia tidak dapat membebaskan diri sendiri ? sesungguhnya manusia diperbudak oleh dosa. Dosa telah membelenggu manusia sehingga manusia tidak sanggup lagi keluar dari belenggu dosa tersebut. Seperti dikatakan firman Tuhan, “karena semua orang telah berbuat dosa  dan telah kehilangan kemuliaan Allah” (Roma 3:23) ; “Sebab upah dosa adalah maut” (Roma 6:23a). Melihat bahwa semua orang telah berbuat dosa dan hukuman dosa adalah maut/neraka, maka hal itu merupakan persoalan atau ancaman bagi manusia sendiri. Karena dosa telah merusak dan menghancurkan masa depan hidup manusia sehingga tidak mempunyai pengharapan lagi untuk menikmati kebahagiaan Sorga. Bagi manusia berdosa, sorga hanyalah impian. Dalam keadaan seperti itulah Kristus datang ke dunia untuk membebaskan manusia dari ketidakberdayaan perhambaan dosa yang membelenggunya. Pembebasan/penebusan  manusia dari dosa dan dari cara hidupnya yang sia-sia dilakukan Kristus dengan darahNya yang mahal melalui kematianNya di kayu salib. ( 1 Pet. 1 : 18-19 ).

Ketika kita mencermati apa yang dilakukan Kristus dalam pengorbananNya di kayu salib untuk menebus segala dosa kita, maka hal itu merupakan anugerah yang tiada taranya. Allah memberikan pengampunan dosa itu menurut kekayaan kasih karuniaNya, yang dilimpahkanNya kepada kita. (ayat 8). Sungguh kita patut bersyukur kepada Tuhan kita Yesus Kristus atas kasih karuniaNya tersebut sehingga kita menerima anugerah pengampunan yang tiada taranya. Untuk itu marilahkita selalu bersyukur kepada Tuhan Yesus Kristus. Amin.

REFLEKSI.
Ambillah saat hening sejenak ! renungkanlah ! sesungguhnya semua manusia berdosa dihadapan Tuhan, sedangkan upah dosa adalah maut. Apakah saudara juga termasuk didalamnya ? Tuhan Yesus Kristus memberi pengampunan dosa kepada saudara melalui kematianNya di kayu salib. Apakah yang akan saudara lakukan kepada Kristus atas pengampunan dosa tersebut ?

TEKADKU.
Ya Tuhan Yesus, sungguh saya bersyukur kepadaMu atas anugerah pengampunan dosa yang Engkau berikan kepada saya.

TINDAKANKU.
Sebagai rasa ucapan syukur atas pengampunan dosa yang Tuhan berikan, saya akan mempersembahkan talenta saya untuk melayani Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«