suplemenGKI.com

Yohanes 1:1-5

KESEMPATAN BARU, TANTANGAN BARU

 

PENGANTAR

Tahun baru seperti sekeping mata uang. Pada salah satu sisinya tertulis kesempatan-kesempatan yang baru. Namun, di sisi lainnya tergambar tantangan-tantangan baru. Kenyataan inilah yang membuat kita menyambut datangnya tahun baru dengan “harap-harap, cemas.” Oleh karena itu, sambil bersiap menyambut setiap kesempatan yang ada di hadapan kita, kita juga perlu mempersiapkan diri menghadapi berbagai macam tantangan yang muncul bersama dengan kesempatan-kesempatan tersebut.

PEMAHAMAN

Berbeda dari tiga penulis Injil yang lain, Yohanes tidak mengawali Injil yang ditulisnya dengan menghadirkan sosok Yesus sebagai seorang bayi; Yohanes langsung memperkenalkan Yesus sebagai Firman Allah yang menjadi manusia dan hadir di tengah-tengah kehidupan manusia (Yoh. 1:14).

Ay. 1-2          Apa yang dijelaskan oleh Yohanes mengenai hubungan antara sang Firman dan Allah sendiri? Apa yang hendak disampaikannya mengenai Yesus?

Ay. 3-5          Apa peran sang Firman dalam penciptaan alam semesta? Apa peran sang Firman dalam kehidupan manusia? Pesan apa yang hendak disampaikan Yohanes bagi kita?

Yohanes menegaskan bahwa sejak semula sang Firman itu selalu bersama-sama dengan Allah. Gagasan yang utama dalam kalimat ini adalah bahwa Firman Allah dan Allah adalah dua hal yang tidak mungkin terpisahkan. Karena itu, Yohanes menegaskan bahwa “Firman itu adalah Allah” (ay. 1b). Yohanes menguraikan hal ini untuk menjelaskan keilahian Yesus.

Karena Yesus, sang Firman itu selalu bersama-sama dengan Allah, maka Ia juga berperan serta dalam penciptaan alam semesta.  Kita tahu bahwa alam semesta tercipta oleh Firman Allah. Oleh karena itu, Yesus sang Firman yang hadir di dunia ini sesungguhnya adalah sumber kehidupan seluruh alam semesta, baik ketika alam semesta itu diciptakan maupun dalam keadaannya yang sekarang.

Untuk menjelaskan peranan Yesus dalam kehidupan manusia, Yohanes menggunakan dua kata benda, yaitu “hidup” dan “terang”. Dua kata ini sangat sering digunakan dalam Injil Yohanes dan diterapkan pada diri Yesus sendiri (lihat Yoh. 8:12, 9:5, 14:6). Sebagai kata benda, hidup merupakan lawan kata dari “kematian/ kebinasaan”. Sedangkan terang merupakan lawan kata dari “kegelapan”. Kematian/ kebinasaan dan kegelapan adalah gambaran situasi yang dihadapi oleh manusia (ay. 5). Injil Yohanes memberitakan kehadiran Yesus sebagai sumber kekuatan untuk menghadapi semua tantangan yang menghadang kita.

REFLEKSI

Apakah kuasa dan kasih Yesus masih menjadi andalan utama Anda untuk menghadapi hari-hari Anda di tahun 2016?

TEKADKU

Tuhan, tolonglah aku agar selalu bersandar pada kasih dan kuasa-Mu. Biarlah firman-Mu menjadi sumber kekuatan bagiku.

TINDAKANKU

Di sepanjang tahun 2016, aku akan memulai hariku dengan melibatkan Yesus dalam hidupku. Aku akan mengawali hariku dengan doa untuk memohon penyertaan-Nya dan firman Tuhan untuk membimbing setiap langkahku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«