suplemenGKI.com

Markus 13:24-27

MEMAHAMI NUBUAT AKHIR ZAMAN

PENGANTAR
Nubuatan mengenai akhir zaman yang kita baca dalam Alkitab sungguh unik. Nubuatan-nubuatan itu telah disampaikan kepada orang-orang yang berbeda di zaman yang berbeda, dan cara mereka memahami dan memaknaiĀ  nubuatan-nubuatan itu pun berbeda-beda, sesuai dengan konteks zaman mereka. Orang-orang Yahudi di zaman Yesus memahami perkataan Yesus sebagai nubuatan tentang kedatangan Mesias, utusan Allah yang akan menyelamatkan mereka dan sebagian besar dari mereka tidak percaya bahwa Yesus adalah Mesias itu. Para pembaca awal Injil Matius, yaitu orang-orang Kristen abad pertama, memahami bahwa ayat-ayat ini berbicara mengenai kedatangan Yesus yang kedua kali dan mereka percaya bahwa kedatangan-Nya itu akan terjadi dalam waktu yang sangat dekat.

Bagaimana dengan kita yang hidup di masa kini? Secara umum, kita juga memahami ayat-ayat ini sebagai nubuat kedatangan Yesus kembali. Namun, kita juga perlu menemukan pesan khusus yang disampaikan melalui nubuatan ini, sesuai dengan konteks zaman kita sekarang ini.

PEMAHAMAN

  • Ay. 24-25. Peristiwa-peristiwa apa yang akan menandai kedatangan Yesus untuk kedua kalinya? Menurut Anda mengapa kedatangan-Nya disertai dengan peristiwa-peristiwa tersebut?
  • Ay. 26. Apa yang akan kita lihat pada waktu kedatangan-Nya itu? Pesan apa yang hendak disampaikan dengan cara kedatangan-Nya yang seperti itu?
  • Ay. 27. Ketika Yesus datang kembali ke dunia ini, apa yang akan dilakukan-Nya terhadap kita, umat-Nya? Pesan apa yang hendak disampaikan kepada kita melalui peristiwa ini?

Dalam ayat 24-25 disebutkan bahwa kedatangan Yesus yang kedua kalinya akan ditandai dengan peristiwa-peristiwa alam yang dahsyat. Benda-benda penerang di langit yaitu matahari, bulan dan bintang-bintang akan hancur. Secara simbolik peristiwa ini menyampaikan pesan agar kita sepenuhnya mempercayakan diri kita hanya kepada Tuhan yang telah menciptakan alam semesta, bukan pada alam semesta atau kuasa-kuasa lain yang ada di dalamnya. Pesan ini dipertegas dengan cara kedatangan Yesus (ay. 26) di mana kekuasaan-Nya dan kemuliaan-Nya ditegaskan.

Ketika Yesus datang kembali, Ia akan mengumpulkan umat-Nya dari empat penjuru bumi. Kondisi umat yang tersebar dan tercerai-berai adalah gambaran mengenai ketidakberdayaan mereka, dan tindakan-Nya mengumpulkan mereka kembali adalah penegasan mengenai kuasa-Nya yang sanggup menolong umat-Nya. Pesan yang penting dan relevan bagi kita di zaman ini: Kuasa Tuhan adalah jawaban yang terbaik bagi ketidakberdayaan kita.

REFLEKSI
Apakah Anda sudah mempercayakan hidup Anda sepenuhnya kepada Tuhan? Apakah Anda percaya bahwa kuasa-Nya sanggup menolong Anda?

TEKADKU
Ya Tuhan, ampunilah aku yang masih sering meremehkan kuasa-Mu dan kemuliaan-Mu. Ampunilah aku yang selama ini mengandalkan kemampuanku sendiri.

TINDAKANKU
Selama seminggu ke depan, aku akan mendoakan salah seorang kenalan dan yang sedang menghadapi masalah yang berat.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*