suplemenGKI.com

Jum’at, 9 Juli 2010

08/07/2010

Kolose 1 : 6 – 11.

Pentingnya berdoa untuk jemaat dan berita Injil.

Bacaan kita kali ini menguraikan tentang berita Injil yang telah mengubah hidup jemaat Kolose dan beban seorang  hamba Tuhan untuk berdoa bagi jemaat yang sedang menghadapi pergumulan iman akibat ajaran sesat. Setiap orang sebenarnya bisa berdoa atau setiap jemaat sebenarnya bisa berdoa bagi gerejanya dan bagi gereja lain. Tetapi justru kita mungkin jarang melakukannya. Mengapa ? apakhah kita tidak terbiasa ? atau kita tidak bisa berdoa ? atau kita belum mengerti ? nah kita akan bercermin kepada tokoh rasul Paulus yang walaupun hidup dalam penderitaan, ia tetap berdoa bagi jemaat/orang-orang Kristen yang lain.

  1. Ayat  6 – 8. Bagaimana injil berbuah dan berkembang di jemaat Kolose ?
  2. Ayat 9. Apa yang dimaksud dengan kalimat, “kami tiada berhenti;henti berdoa” ?
  3. Ayat 9b – 11. Apa saja yang Paulus doakan bagi jemaat kolose ?

Renungan

Epafras adalah sosok pemimpin jemaat Kristen di Kolose. Sangat mungkin ialah pendiri jemaat Kolose. Yang pasti adalah Injil masuk kota Kolose dan diterima oleh penduduk kota Kolose, yang kemudian dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Injil adalah Kabar baik tentang Allah, dan menyampaikan Anugerah Allah kepada manusia sehingga setiap orang yang menerima Anugerah Allah tersebut dapat diselamatkan. Oleh sebab itu Injil harus terus diberitakan.

Paulus sangat mengerti dan memahami akan sulitnya pemberitaan Injil. Kebahagiaannya adalah ketika ada orang yang mau menerima Injil dan percaya kepada Tuhan Yesus Kristus. Jemaat kolose lahir, bertumbuh dan berkembang dari karya pemberitaan Injil . oleh sebab itu mereka perlu mendapat dukungan doa sehingga mereka tetap kuat dan bertumbuh didalam iman. Bahkan Paulus berkata, “kami tiada berhenti-henti berdoa “ untuk kamu. Artinya dalam segala kesempatan Paulus terus dan tetap berdoa bagi jemaat Kolose. Lalu apa yang didoakan paulus bagi jemaat Kolose ?

  1. Paulus berdoa supaya jemaat Kolose diberi  hikmat dan pengertian yang benar untuk mengetahiu kehendak Allah. ( ayat 9 ).
  2. Paulus berdoa supaya jemaat Kolose berbuah dalam pekerjaan baik, dan bertumbuh dalam iman. ( ayat 10 ).
  3. Paulus berdoa supaya jemaat Kolose dikuatkan menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar. ( ayat 11 ).

Paulus dengan tulus dan tekun berdoa bagi jemaat kolose sehingga mereka tetap kuat dan tetap beriman kepada Tuhan Yesus Kristus. Itu merupakan teladan yang baik bagi kita, agar kita juga terbeban berdoa bagi gereja kita dan bagi kelangsungan jemaat Tuhan.  Seharusnya kita juga memiliki beban seperti rasul Paulus untuk berdoa bagi gereja kita dan bagi pekerjaan Tuhan di gereja kita juga bagi pekerjaan Tuhan dimanapun. Sehingga pekerjaan Tuhan dapat berjalan dengan lancar, jemaat-jemaat Tuhan menjadi kuat dan maju, orang-orangnya menjadi bertumbuh dan mengasihi Tuhan, injil Kristus terus diberitakan dan lain sebagainya. Yang pasti semua pekerjaan Tuhan membutuhkan dukungan doa dari orang-orang percaya, termasuk saya dan anda !. untuk itu,  marilah kita mulai berdoa bagi gereja kita, gereja lain, pekerjaan Injil dll. Pasti doa anda sangat bergunaa. Amin.

Berdoa bagi gereja, jemaat lain dan pekerjaan Tuhan menjadi tanggung jawab setiap orang percaya, termasuk kita”.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«