suplemenGKI.com

Filipi 4:1-9

Pertahankan Sukacita Dan Mahkota Sebagai Buah Pertumbuhan Iman 

            Pada perikop ini, Paulus menuliskan nasihat-nasihat terakhir kepada jemaat di Filipi. Kondisi saat itu adalah Paulus sedang berada dalam penjara, sebuah keadaan yang tidak menyenangkan. Dapat kita bayangkan bagaimana menderitanya keadaan yang dialami Paulus. Dia mengalami keterbatasan dalam banyak hal. Ingin rasanya Paulus bertemu dengan rekan-rekan sepelayanan, saudara-saudara seiman, bahkan murid-murid yang pernah dia bina selama pelayanan. Tetapi karena posisinya di dalam penjara semuanya itu hanya sekedar kerinduan. Kerinduan itu didasari oleh kasihnya kepada jemaat Tuhan, orang-orang yang pernah bekerja sama dalam pelayanan dan orang-orang yang pernah dibimbingnya, yang telah bertumbuh sedemikian rupa dalam iman. Hal itu sangat membanggakan bagi Paulus, itulah sebabnya ia menyebut jemaat dan orang-orang yang telah bertumbuh itu dengan sebutan “sukacitaku dan mahkotaku” Namun demikian Paulus tetap sangat mengharapkan agar mereka terus bertumbuh dan maju di dalam Tuhan. Itulah sebabnya ia menyampaikan nasihat-nasihat terakhir, agar mereka tetap hidup dalam apa yang telah didengar, diterima dan dipelajari dari Paulus. 

Pertanyaan-pertanyaan penuntun:

  1. Apa yang ingin ditekankan oleh Paulus sehingga ia memberikan nasihat-nasihat terakhir kepada jemaat Filipi?
  2. Apa yang akan menjadi dampak jika jemaat Filipi tetap melakukan apa yang dinasihati oleh paulus?
  3. Bagaimana kita menjalani hidup ini ketika kita tahu apa yang harus kita hidupi? 

Renungan:

            Tidak mudah bagi seorang Paulus untuk melewati waktu-waktu sulit saat berada di penjara. Tetapi ketika ia mendengar kemajuan iman jemaat di Filipi, maka kesulitan itu berubah menjadi sukacita. Untuk melengkapi sukacita itu ia merindukan sukacitanya juga menjadi sukacita jemaat Filipi. Beberapa hal yang harus dikerjakan jemaat Filipi untuk melanjutkan kemajuan imannya, adalah: Pertama: agar jemaat Filipi tetap mempertahankan sukacita yang sejati yaitu sukacita yang disebabkan oleh anugerah keselamatan dari Tuhan yang sifatnya tetap, konstan karena kasih Allah tidak berubah. Kedua: agar terus melakukan kebaikan sebagai kesaksian bagi semua orang, termasuk kepada mereka yang memusuhi jemaat Filipi. Kebaikan yang dilakukan adalah buah dari keselamatan dari Tuhan Yesus. Ketiga: agar tidak kuatir akan apapun, sebaliknya dalam segala hal selalu dinyatakan dalan doa dan bersyukur. Sebab kekuatiran akan dikalahkan dengan doa dan syukur yang dari Tuhan.

            Dalam nasihatnya Paulus juga menegaskan jika jemaat Filipi setia dan konsisten melakukan apa yang menjadi nasihatnya, maka mereka akan mengalami damaisejahtera dari Allah yang melampaui segala kemampuan manusia untuk memikirkannya. Artinya sekalipun berada dalam penderitaan, kesulitan dan bahaya, jika umat Tuhan tetap bersukacita, melakukan kebaikan dan hidup dalam optimisme serta tidak kuatir maka orientasi pikirannya selalu tertuju hanya kepada Tuhan. Dengan demikian memungkinkan untuk memikirkan hal-hal yang baik dan memberkati orang lain.

            Hidup ini selalu berhadapan dengan kesulitan, tantangan dan bahaya. Orang beribadah saja bisa mengalami  kesulitan, tantangan dan bahaya. Tetapi jangan sampai itu merebut sukacita, kebaikan dan keoptimisan kita bahwa Tuhan Yesus adalah sanggup menolong kita. Itulah sebabnya Dia dikatakan melampaui segala akal pikiran kita. Paulus tekankan agar penderitaaan jangan sampai menghalangi untuk menjadi setia, taat dan terus melayani Tuhan, menjadi berarti untuk orang lain, karena dibalik semua itu telah tersedia damai sejahtera yang melampaui segala akal pikiran kita. 

“Menjalani hidup dengan gembira, melakukan kebaikan dan tidak dipenjara oleh perasaan kuatir yang berlebihan adalah kebanggaan Tuhan terhadap setiap anak-anakNya”

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«