suplemenGKI.com

Bacaan : Roma 5 : 12-19

“Tanggalkan Dosa Dengan Ketaatan (pada FirmanNya)

PENGANTAR
Jika sudah berbicara tentang “keinginanku” apalagi ditambah  “kepentinganku” rasanya semua harus tercapai, kalaupun ada sesuatu yang harus dipertimbangkan, umumnya kita akan cari pembenaran, sering kita ucapkan, “Ya… melanggar sedikit saja nggak apa-apalah, yang penting tidak melanggar hokum dan tidak merugikan orang lain.”
Hari ini kita akan merenungkan tentang bagaimana masuknya dosa dan ketidaktaatan serta konsekuensi dari dosa juga jalan keluarnya.

PEMAHAMAN

  1. Bagaimana dosa masuk ke dalam dunia dan pengaruhnya? (ay 12-14)
  2. Apa yang dilakukan oleh Kistus dalam menyelesaikan dosa? (ay 15-19)
  3. Apa yang harus kita lakukan untuk menyelesaikan dosa?

Jemaat Roma yang berbangsa Yahudi berpikir bahwa mereka adalah umat pilihan Allah yang saling terkait sebagai keluarga, suku dan bangsa. Mereka merasa lebih unggul dari bangsa lain oleh sebab itu Rasul Paulus menjelaskan dengan gamblang bahwa dosa yang melahirkan maut masuk ke dunia oleh satu orang, kemudian menjalar ke semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Allah. Bahkan dosa telah ada sebelum hukum Taurat ada dan manusia dikuasai oleh maut dan tidak berpengharapan.
Sama seperti dosa masuk ke dalam dunia oleh satu orang, maka semua orang juga telah berdosa dan hidup dalam kuasa maut, demikian juga oleh ketaatan satu orang, oleh Yesus Kristus, maka semua orang beroleh pembenaran melalui pengorbananNya di atas kayu salib, itulah yang namanya anugerah Allah.
Di dalam kehidupan ini sebenarnya kita sering tidak taat  dan umumnya diawali dari hal-hal kecil. Contoh: dalam ketergesaan kita seringkali  dan melanggar rambu lalu lintas dan pada saat tertangkap petugas apakah kita mau kompromi dengan dosa penyuapan?
Mungkin lebih praktis, cepat dan murah dendanya dibanding di tilang dan ke pengadilan yang butuh waktu dan merepotkan.
Beda dengan ketaatan Kristus yang luar biasa, Ia begitu taat melakukan kehendak Bapak, sampai Ia mati bahkan mati di kayu salib untuk menembus dosa-dosa  manusia.
Bagaimana dengan kita? Apakah kita juga melakukan ketaatan kepada Tuhan seperti ketaatan Krsitus? Marilah kita belajar taat kepada Tuhan dengan melakukan firmanNya!

REFLEKSI
Marilah kita merenung sambil bertanya kepada diri sendiri apakah selama ini kita sudah hidup taat?

TEKADKU
Senantiasa berdoa kepada Tuhan agar Tuhan memampukan aku untuk hidup taat seturut dengan kehendakNya.

TINDAKANKU
Hari ini saya akan memulai setia membaca dan merenungkan Firman Tuhan setiap hari dan taat melakukan FirmanNya setiap hari.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«