suplemenGKI.com

FILIPI 3:1-11

WASPADA TERHADAP PARA PENYESAT

 

Pengantar
Kemajuan teknologi disatu sisi membawa dampak yang sangat positif dimana banyak akses informasi yang selama ini tertutup sekarang dengan mudah bisa diperoleh, komunikasi semakin baik dan lain sebagainya. Kita semua juga tahu bahwa tekhnologi bisa membawa dampak negatif jikatidak dimanfaatkan dengan baik, misalkan saja seperti konten pornografi yang mudah untuk diakses siapapun. Atau ajaran-ajaran menyesatkan yang semakin marak juga mudah diakses oleh siapapun. Akibatnya mudah bagi seseorang untuk jatuh dalam kesesatan dan meninggalkan imannya.

Pemahaman

Ayat 1-5       Apa nasehat penting yang Paulus sampaikan kepada jemaat Kristen di Filipi?

Ayat 6-7       Kesaksian apa yang Paulus sampaikan dalam suratnya?

Ayat 8-11     Apakah keinginan dan harapan Paulus sebagai pengikut Kristus?

Jemaat Kristen di kota Filipi tengah menghadapi pengaruh negatif yang ada disekitar mereka. Pengaruh negatif ini dikuatirkan akan menyesatkan jemaat Kristen di kota Filipi yang memiliki hubungan harmonis dengan Paulus. Pengaruh negatif itu adalah ajaran-ajaran Yudaisme yang berusaha menarik jemaat Kristen di Filipi. Paulus merasa perlu untuk tetap menguatkan dan memelihara iman jemaat Kristen di kota Filipi. Dalam suratnya Paulus mengingatkan jemaat agar tidak mengindahkan hal-hal yang lahiriah seperti bersunat (ay.1b-5)

Paulus juga menyampaikan kesaksian tentang siapa dirinya dan bagaimana dia begitu taat pada Taurat yang diajarkan para imam dan dia juga adalah seorang penganiaaya (ay.6). Namun Paulus menyadari bahwa semua itu tidak membawa manfaat apapun (ay.7). Paulus merasa telah dirugikan.

Namun kemudian dia berjumpa dengan Kristus dan mengenal Kristus. Perjumpaan dan pengenalan akan Kristus memberikan kekayaan iman yang besar bagi Paulus. Paulus sadar bahwa hanya karena anugerah-Nya, dia beroleh keselamatan. Itulah sebabnya Paulus berharap dan berkeinginan agar ia dapat terus beriman kepada Kristus. Ia berharap semakin mengenal Kristus dan juga bertumbuh dalam Kristus (ay.8-11)

Nasihat Paulus kepada jemaat Kristen di Filipi mengingatkan umat masa kini bahwa hal-hal lahiriah tidak akan membawa sesorang dalam keselamatan. Keselamatan adalah anugerah. Yang terpenting adalah bagaimana umat hidup dalam anugerah-Nya. Tidak membiarkan diri disesatkan dan tidak membiarkan diri jatuh dalam kedagingan adalah tindakan nyata orang-orang yang hidup dalam anugerah Allah.

Refleksi
Sudahkah kita hidup dalam anugerah keselamatan? Sudahkah kita memiliki pengenalan yang benar akan Kristus?

Tekadku
Ya Allah, mampukan kami untuk tetap setia dan beriman kepada-Mu. Jangan biarkan kami tersesat. Tolonglah kami untuk semakin mengenal-Mu dan hidup seterut kehendak-Mu

Tindakanku
Tekun beribadah. Tekun berdoa. Belajar tentang iman Kristen.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*