suplemenGKI.com

Mazmur 119:33-40                          

CINTAILAH FIRMANNYA !

 

Pengantar
Lifeway Research pernah melakukan sebuah penelitian dilingkungan gereja dan juga orang-orang Kristen. Penelitian itu dilakukan dengan tujuan mengetahui frekuensi mereka membaca Alkitab. Hasilnya adalah : 19 persen menjawab “setiap hari” ; 26 persen mengatakan “beberapa kali seminggu” ; 14 persen mengatakan mereka membaca Alkitab “sekali seminggu” ; 22 persen mengatakan “sekali sebulan” atau “beberapa kali dalam sebulan” ; 18 persen mengatakan “jarang / tidak pernah.”

Ada penelitian lain yang dilakukan mengenai tema yang kurang lebih sama. Seperti seberapa besar pengaruh Alkitab bagi kehidupan orang Kristen ? Hasil dari penelitian itu menunjukkan bahwa pengaruh Alkitab dalam kehidupan orang Kristen bertambah tahun semakin menurun. Memang penelitian yang dilakukan umumnya tidak dilakukan di Indonesia. Namun hal ini bisa menjadi bahan evaluasi dan refleksi bagi umat di Indonesia.

 

Pemahaman
Ayat 33-40       Apakah harapan terbesar pemazmur sebagai kecintaannya kepada ketetapan-ketetapan dari Allah?

Mazmur 119 merupakan nyanyian puji-pujian yang sangat panjang. Syair-syairnya menunjukkan kecintaan yang besar terhadap firman Allah. Pemazmur menyadari pentingnya firman Allah bagi kehidupan umat-Nya. Didalam firman Allah terkandung ketetapan-ketetapan dan perintah Allah untuk dikerjakan dalam kehidupan umat. Itulah sebabnya pemazmur berharap agar Allah terus memperlihatkan kehendak-Nya atas kehidupan umat. Pemazmur juga menyampaikan pengharapan agar diberikan hikmat untuk mengerti ketetapan-ketetapan Allah (ayat 34) dan melakukan atau menerapkannya dalam kehidupan (ayat 35).

Pemazmur juga menyadari bahwa tantangan terbesar yang dihadapi umat adalah keinginan duniawi yang sangat kuat (ayat 37). Godaan dunia selalu ada dan tidak mudah untuk dihadapi. Itulah sebabnya pemazmur meminta pertongan dan tuntunan dari Allah agar dijauhkan dari semuanya itu (ayat 36).

Nyanyian puji-pujian Pemazmur mengajak umat untuk kembali menempatkan firman Allah berada ditempat yang utama dalam hidup persekutuan, keluarga dan individu. Menempatkan firman Allah ditempat utama harus dimulai dengan menanamkan kecintaan pada  firman Allah. Apabila kecintaan itu tidak ada maka akan menjadi sulit menempatkan firman Allah ditempat yang terutama dalam kehidupan umat. Apabila kecintaan itu telah tumbuh, maka keinginan untuk terus belajar firman Allah akan tumbuh. Dan bukan hanya itu, kecintaan terhadap firman Allah akan mendorong umat Allah untuk terus merenungkan dan melakukan firman Allah dalam kehidupannya.

Refleksi
Adalah hal yang tidak mudah dan sangat sulit apabila segala sesuatu tidak dimulai dari perasaan suka dan cinta. Apabila kita tidak menyukai dan mencintai firman Tuhan makan akan sulit juga kita membaca, mempelajari, merenungkan dan mengerjakannya dalam kehidupan. Semua harus dimulai dari perasaan cinta. Dengan perasaan cinta umat akan memiliki cara pandang yang benar akan firman Allah. Dengan perasaan cinta umat akan memandang Alkitab atau firman Allah dengan segala ketetapan dan perintah-Nya dengan cara yang berbeda.

Tekad
Ya Allah, mampukan kami sekeluarga untuk memiliki perasaan senang dan gembira ketika mendengarkan firman-Mu. Tolong kami untuk mengerjakan firman-Mu dalam kehidupan kami ditengah keluarga, persekutuan dan masyarakat

Tindakan
Membangun kecintaan terhadap firman Tuhan dengan cara mengajak keluarga membaca dan mempelajari Alkitab bersama-sama. Atau dengan mengadakan PA keluarga yang bisa dipimpin secara bergantian oleh ayah atau ibu

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«