suplemenGKI.com

BERKARYA BAGI ALLAH

Filipi 1:3-8

 

Pengantar
Adakah yang pernah mendengar nama dokter Lie Dharmawan? Dokter yang dikenal dengan sebutan dokter apung. Dokter yang dianggap sebagai malaikatnya orang miskin. Kesadaran akan situasi orang miskin menerpa batin Lie begitu kuat hingga akhirnya bersama Lisa Suroso (aktivis Mei 1998) mendirikan sebuah organisasi nirlaba di bidang kemanusiaan dengan nama doctorSHARE atau Yayasan Dokter Peduli—sebuah organisasi kemanusiaan nirlaba yang memfokuskan diri pada pelayanan kesehatan medis dan bantuan kemanusiaan. DoctorSHARE bekerja didasarkan pada prinsip-prinsip kemanusiaan dan etika medis. DoctorSHARE memberikan pelayanan medis secara cuma-cuma di berbagai wilayah Indonesia. Selain pengobatan umum di berbagai sudut Indonesia, program awal DoctorSHARE adalah pendirian Panti Rawat Gizi di Pulau Kei, Maluku Tenggara. Kisah hidup dokter Lie Dharmawan merupakan satu dari sekian banyak kisah hidup banyak orang Kristen yang telah berkarya bagi sesama.

Rasul Paulus merupakan tokoh Kristen yang sangat terkenal. Karya dan buah penginjilannya tercatat dengan begitu indah di dalam Alkitab.

Pemahaman

Ayat 3 – 5            Mengapa Paulus mengucap syukur diawal suratnya kepada jemaat Kristen di Filipi?

Ayat 6 – 8            Apakah harapan Paulus?

Jemaat Kristen di kota Filipi merupakan karya penginjilan rasul Paulus. Perkembangan dan pertumbuhan injil dikota tersebut tentulah menjadi perhatian rasul Paulus. Oleh karena Paulus mendengar hal positif tentang jemaat Kristen di kota Filipi, ia mengungkapkan rasa syukurnya diawal surat kepada jemaat (ayat 3-5). Dalam suratnya Paulus juga mengungkapkan keyakinan dan pengharapannya bahwa Kristus akan terus menyertai karya Injil di kota Filipi hingga dihari kedatangan-Nya (ayat 6-8).

Merupakan hal yang wajar jika Paulus begitu bersukacita atas keadaan jemaat Kristen di kota Filipi. Paulus menyaksikan bahwa ALLAH telah menolong dirinya untuk berkarya demi kemuliaan-Nya. Jemaat Kristen di kota Filipi terus bertumbuh dan mampu memberikan bantuan moral dan material bagi karya layanan Paulus.

Refleksi
Renungkanlah apakah kehadiran kita ditengah masyarakat dan persekutuan telah memberi manfaat?

Tekadku
Ya ALLAH mampukanlah saya untuk berkarya bagi kemuliaan-Mu. Jangan jadikan saya sebagai manusia yang egois, namun mampukan saya menjadi berkat bagi sesama

Tindakanku
Mulai belajar membangun kepedulian terhadap sesama

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«