suplemenGKI.com

I Raja-raja 3 : 5 – 14.

Hati yang bijaksana”

Tanpa kita sadari bahwa hari ini kita berada pada penghujung tahun 2010. Pada akhir tahun ini pada umumnya orang  sibuk memikirkan acara atau kegiatan khusus untuk menyambut hari terakhir dari tahun yang akan segera lewat. Ada orang yang merencanakan liburan panjang dan keluar negri, ada juga yang hanya cukup menjadi turis local di negri sendiri. Ada pula hotel-hotel dan pusat hiburan yang menawarkan acara old and new year yang acaranya dikemas khusus, namun ada pula golongan yang tidak berpikir apa-apa tentang segera tibanya momen ini, bagi mereka akhir tahun adalah seperti hari-hari biasa, tidak ada yang istimewa.  Ada kelompok lain lagi yaitu kelompok  yang menyambut akhir tahun dengan kegiatan yang bermakna dengan melakukan evaluasi dan refleksi  atas perjalanan hidup mereka sepanjang tahun. Kelompok manakah kita ?

Pertanyaan penuntun.

1.       Apa yang telah aku lakukan sepanjang tahun ini ?

2.       Apakah aku menjalaninya dengan bijaksana ?

3.       Apakah tahun ini berlalu dengan sia-sia atau penuh makna ?

4.       Jika kita diperhadapkan kepada pilihan-pilihan seperti Salomo, kita memilih yang mana ?

RENUNGAN.

Sepanjang tahun 2010, jalan kehidupan kita pasti bervariasi, mungkin kita banyak melakukan kebaikan-kebaikan disamping itu juga mungkin banyak melakukan kesalahan. Jika kita banyak melakukan kebaikan maka hal itu patut kita syukuri, namun sudah pasti kita juga banyak melakukan kesalahan dan kejahatan. Manakah yang lebih banyak ? Kebaikan atau kejahatan ? untuk itu kita perlu hikmat Tuhan.

Bacaan kita menerangkan tentang pengalaman raja Salomo muda, pada waktu menggantikan Daud, Salomo memang masih sangat muda ( ayat 7 ). Peristiwa ini terjadi di Gibeon, tempat pemujaan penting. Jumlah korban yang dipersembahkan Salomo sangat banyak sekali, yaitu 1000 korban bakaran. Setelah mempersembahkan korban pastilah Salomo sangat lelah sehingga ia cepat tertidur. Pada waktu itulah Tuhan menampakkan diri kepada Salomo dalam sebuah penglihata/mimpi. Dalam mimpi itu Tuhan menawarkan kesempatan kepada Salomo untuk mengajukan permintaan dan Salomo pun menghargai kesempatan ini. Setelah Salomo mengungkapkan prolog, Salomo baru menyatakan permintaannya kepada Tuhan yaitu agar Tuhan memberikan kepadanya hati yang paham menimbang perkara  ( Hati yang bijaksana ) untuk menghakimi umat Israel. Mengapa Salomo tidak meminta harta kekayaan, umur panjang, atau nyawa musuh agar kerajaannya dapat kokoh ? Hal itu tidak dilakukan oleh Saloma dan ternyata permintaan Salomo telah menunjukkan bahwa dia berhikmat. Dan Tuhan ternyata mengabulkan permintaan Salomo plus bonus istimewa berupa  kekayaan dan kemuliaan (ayat 13). Dengan demikian Salomo mendapat semuanya, melengkapi karunia Tuhan berupa “hati yang memiliki hikmat dan pengertian”, yang tidak tertandingi oleh siapapun.

Seandainya kita diperhadapkan kepada pilihan-pilihan seperti raja Salomo mungkin kita akan memilih harta kekayaan, kejayaan, umur panjang dls. Tapi seharusnya kita memilih hati yang bijaksana untuk menimbang setiap perkara kehidupan sehingga kita dapat menjalani kehidupan ini dengan memegang semua perintahNya. Namun itu bukan perkara yang mudah untuk kita lakukan, tapi yang pasti ketika kita tidak salah pilih maka Tuhan juga akan memberikan  berkat yang lain kepada kita. Untuk itu marilah kita meminta hati yang bijaksana kepada Tuhan sehingga hal itu dapat membawa kehidupan kita untuk melakukan kebaikan-kebaikan. Bagaimana dengan Saudara ? apakah saudara menjalani kehidupan saudara di tahun 2010 ini dengan hati yang bijaksana ? mari kita mengambil waktu sejenak untuk merenung ? Tuhan memberkati. Amin

Dengan hati yang bijaksana kita dapat menjalani kehidupan ini dengan takut akan Tuhan”.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«