suplemenGKI.com
Berharga

Berharga

Mazmur 118:22-29

 

Tetap Berharga Di Mata Tuhan

            Hanya ada satu keputusan terhadap suatu barang atau benda yang sudah rusak dan tidak berfungsi lagi yaitu dibuang. Barang atau benda yang sudah rusak biasanya dibiarkan begitu saja sampai barang atau benda itu lama-kelamaan menjadi semakin rusak, hancur dan hilang dengan sendirinya, itu juga artinya dibuang. Tetapi untung ada pemulung yang memungut kembali barang tersebut kemudian diperbaiki sehingga menjadi berfungsi lagi.

Tidak sedikit orang yang pernah berbuat dosa, pernah gagal, pernah teledor dan pernah berbuat salah akhirnya menjadi semakin merasa terbuang, terhina dan tidak bernilai karena perlakuan sesama atau orang-orang tertentu yang merasa diri lebih baik hidupnya. Dampak dari perlakuan demikian sangat bertentangan dengan firman Tuhan dalam Yeremia 18:4 “Apabila bejana yang sedang dibuatnya dari tanah liat di tangannya itu rusak, maka tukang periuk itu akan mengerjakannya kembali menjadi bejana lain menurut apa yang baik pada pemandangannya” Kalimat itu mengajarkan bahwa sekalipun seseorang telah rusak tetapi Tuhan tidak membuangnya melainkan diperbaiki sampai berguna kembali. Mazmur 118:22-29, menunjukkan kepada kita bagaimana Tuhan menyayangi umat-Nya walaupun sering dipandang sebagai batu yang pecah kemudian layak dibuang.

Pertanyaan-pertanyaan penuntun:
1) Apa makna dari gambaran tentang batu yang dibuang telah menjadi batu penjuru?
2) Siapa yang berkuasa untuk memulihkan keadaan yang sudah dianggap tidak berguna?
3) Apa nilai positif dari tindakan Tuhan yang memulihkan umat-Nya?

Renungan:
            Kiasan mengenai batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan dalam Mazmur 118:22 ini adalah mengacu kepada umat Israel yang dibuang ke pembuangan – Babel oleh karena keberdosaan mereka sendiri, sehingga mengalami penderitaan dan ketidakberdayaan. Oleh pemazmur digambarkan seperti orang-orang yang dikepung, jatuh dan hampir mati sehingga dikiaskan dengan batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan, karena dianggap sudah pecah dan tidak berguna lagi.

Tetapi Tuhan berinisiatif mengangkat dan memperbaikinya menjadi batu yang utama yang lebih berkualitas dari semua batu-batu yang lain. Inilah sebuah tindakan ajaib dan merupakan anugerah yang Tuhan sediakan bagi umat-Nya yang tadinya mengalami kegagalan, keberdosaan dan penderitaan oleh karena ulah dirinya sendiri. Tindakan ajaib itu Dia lakukan bukan karena umat-Nya masih pantas dinilai benar atau masih memenuhi syarat dalam hal kebaikan sama sekali tidak demikian, tetapi semata-mata karena keajaiban kasih karunia Tuhan. Efesus 2:8 mengatakan “karena kasih karunia kamu diselamatkan, itu bukan hasil usahamu atau perbuatanmu, jangan ada yang memegahkan diri” Artinya, pemulihan dan keselamatan yang diterima manusia itu sebenarnya sesuatu yang tidak terbayangkan, tidak terimpikan atau tidak bisa dituntut oleh manusia, karena memang tidak memenuhi syarat. Tetapi jika ternyata batu-batu itu diambil dan dijadikan batu penjuru, semata-mata karena anugerah.

Mulai ayat. 24-29, merupakan ungkapan-ungkapan yang menyatakan betapa besarnya kasih Tuhan, betapa sempurnanya kebaikan Tuhan dan betapa tingginya kemurahan Tuhan bagi umat-Nya. Maka dalam Mazmur 118 ini ditutup pula dengan kalimat “Bersyukurlah kepada Tuhan…..bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya” ingin menyatakan bahwa kebaikan dan kasih Tuhan yang telah menyelamatkan umat-Nya itu sungguh tidak terbatas dan tidak ternilai oleh apapun juga.

Bagaimana dengan kita, mungkin kita adalah orang yang pernah gagal, pernah jatuh dalam dosa dan pernah menderita karena kesalahan kita sendiri! Kita merasa sudah tidak berguna lagi sehingga layak dibuang, dibiarkan atau ditelantarkan. Tetapi hari ini Tuhan masih membuka tangan-Nya lebar-lebar menyambut kita untuk memulihkan kita agar menjadi batu menjuru yang lebih utama dari yang lain-lainnya, karena kita berharga di mata Tuhan. Kuncinya adalah datanglah kepada Tuhan sekarang juga, jangan tunggu hari esok, sekarang waktunya datanglah kepada Tuhan. Tuhan memberkati.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«