suplemenGKI.com

Bacaan : I Tesalonika 2 : 12-13

Tema : Hiduplah sesuai Kehendak Allah

 

PENGANTAR.
Roma 12 : 20 mengatakan, “Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum ! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api diatas kepalanya”. Itulah yang dilakukan rasul Paulus kepada jemaat Tesalonika. Walaupun mereka telah melakukan tuduhan-tuduhan tidak baik namun rasul Paulus tetap melakukan kebaikan kepada mereka, bahkan rasul Paulus menasehati jemaat Tesalonika dengan luar biasa.

PEMAHAMAN.

  1. Apa yang dilakukan rasul Paulus terhadap jemaat Tesalonika ? ( ayat 12 ).
  2. Apa nasehat rasul Paulus ? ( ayat 12-13 )
  3. Bagaimana menghidupi nasehat rasul Paulus, yaitu hidup sesuai kehendak Allah  ?

Rasul Paulus yang memiliki hati bapa telah menjelaskan dengan seksama tentang ketulusan hatinya dalam memuliakan Tuhan. Bahkan ia memberi teladan yang baik bagaimana seharusnya melayani Tuhan. itu sebabnya rasul Paulus menasehati jemaat Tesalonika. Dalam nasehatnya rasul Paulus memohon dengan sangat agar mereka hidup sesuai dengan kehendak Allah. Bagaimana mereka memahami nasehat rasul Paulus, yaitu hidup sesuai dengan kehendak Allah. Hidup sesuai kehendak Allah berarti :

Pertama : Kehendak Allah berarti kesediaan melakukan Firman Allah. Dalam kebenaran Firman Allah kita mengarahkan jalan kita kepada apa yang dikehendaki Allah. Untuk itu untuk mengerti kehendak Allah maka kita harus mengerti Firman Allah.

Kedua : Kehendak Allah adalah segala sesuatu yang diinginkan Allah. Misalnya Allah menghendaki agar semua orang selamat. Atau Allah menghendaki agar umat-Nya hidup dalam kesucian-Nya.

Ketiga : Kehendak Allah adalah Apa yang diijinkan terjadi oleh Allah. Apa saja ? banyak hal yang diijinkan terjadi oleh Allah. Misalnya : Tuhan mengijinkan kesulitan dan kejahatan menimpa diri seseorang namun Tuhan juga tetap menjaganya.

Nasehat rasul Paulus kepada jemaat Tesalonika terfokus pada kerinduan rasul Paulus agar jemaat Tesalonika bersedia melakukan Firman Allah yang hidup dan keinginan supaya jemaat Tesalonika hidup sesuai yang di inginkan Allah. Dengan demikian jemaat Tesalonika akan dapat mengerti Kehendak Allah dalam hidup mereka. Bagaimana dengan saudara ?

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan :

  • Apakah saudara mengeti apa kehendak Allah dalam hidup saudara ?
  • Apakah saudara telah menjalani hidup sesuai dengan kehendak Allah ?

TEKADKU
Ya Tuhan, ampunilah saya karena saya masih hidup jauh dari kehendak-Mu.

TINDAKANKU
Untuk hidup yang sesuai dengan kehendak Tuhan, saya harus belajar setia membaca Firman Tuhan dan melakukannya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*