suplemenGKI.com

I Petrus 1:17-21

HIDUP KUDUS

 

Pengantar
Paskah merupakan sebuah peristiwa penting dalam kehidupan umat Allah. Paskah menjadi sebuah momen dimana Allah menyatakan karya terbesar dalam kehidupan umat. Karya keselamatan dikerjakan Kristus untuk menebus dosa manusia. Paskah menjadi momen hidup baru bagi umat Allah. Itulah sebabnya hidup baru yang dianugerahkan haruslah dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan tidak di sia-siakan

Pemahaman

Ayat 17-21           Mengapa umat dituntut untuk hidup kudus dihadapan Allah? Dan mengapa sikap takut akan Allah harus terus dipupuk dan dipelihara?

Paskah merupakan sebuah peristiwa besar yang menjadi momen kehidupan baru. Kristus yang mati, menderita, dan bangkit memberikan hidup baru bagi umat. Hidup baru itu tentulah harus diisi dengan hal-hal positif dan bermanfaat. Petrus didalam suratnya mengingatkan jemaat-jemaat Kristen bahwa mereka telah ditebus dengan darah yang mahal (ayat 18-19). Oleh karena itu umat harus hidup kudus dan tidak lagi hidup dalam kecemaran (ayat 20-21)

Petrus juga mengingatkan jemaat-jemaat Kristen agar mereka membangun sikap hidup yang takut akan Allah. Hal itu dilakukan agar umat menyadari bahwa hidup ini bersifat sementara. Kefanaan manusia menjadi alasan bagi Petrus agar manusia tunduk dan takut akan Allah (ayat 17)

Hidup kudus dan takut akan Allah merupakan dua hal yang Allah kehendaki untuk dikerjakan oleh umat Allah dimasa kini. Godaan dunia yang semakin kuat seringkali membawa umat jatuh dalam dosa. Umat perlu mensyukuri anugerah Allah dan menghidupi anugerah Allah itu. Mengendalikan diri dalam segala hal dan meminta tuntunan Roh kudus merupakan hal konkrit yang dapat dilakukan untuk menghadapi berbagai godaan dan cobaan dunia.

Refleksi
Sudahkah kita hidup berkenan dihadapan Allah? Sudahkah kita melakukan perintah-perintah-Nya? Sudahkah kita hidup seturut kehendak Allah?

Tekadku
Ya Allah, kuatkan kami menghadapi cobaan dan godaan dunia ini. Jangan biarkan diri kami dipimpin kedagingan kami, tetapi biarlah kami dipimpin oleh Roh-Mu.

Tindakanku
Tekun dalam doa dan merenungkan firman Allah. Ikut dalam persekutuan dan terlibat dalam kegiatan gereja

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«