suplemenGKI.com

Ibrani 13 : 1 – 8 ( Lanjutan )

Kebaikan hati Kristiani (lanjutan ).

Kemarin kita merenungkan tiga nasehat penulis kitab Ibrani yang harus dimiliki dan dilakukan orang-orang percaya/ jemaat Tuhan. Hari ini kita akan kembali melihat nasehat berikutnya yang harus dikerjakan orang Kristen.

  1. Ayat 4 – Apa isi nasehat dalam ayat ini ? bagaimana kita dapat melakukannya ?
  2. Ayat 5 –  Apa isi nasehat dalam ayat ini ? Mengapa kita dilarang menjadi hamba uang ?

RENUNGAN.

Hari ini kita akan melanjutkan renungan kemarin. Sekedar mengingatkan bahwa kemarin kita kita dinasehati oleh penulis kitab Ibrani agar kita, : Memelihara kasih persaudaraan, memiliki keramah tamahan, memiliki kepedulian terhadap mereka yang mengalami kesulitan. Dan hari ini kita akan merenungkan lanjutan nasehat dari penulis kitab Ibrani.

Nasehat ke Empat : Hendaklah semua penuh hormat terhadap perkawinan. ( menjaga kesucian ).

Dalam nasehatnya penulis kitab Ibrani hendak mengatakan bahwa  hubungan pernikahan harus dihormati dan jangan dicemari oleh dosa. Keutuhan pernikahan dapat dirusakkan oleh perbuatan amoral dan perzinahan. Jikalau penulis menasehati seperti itu berarti dalam kehidupan jemaat Kristen telah terjadi pencemaran / perzinahan dalam rumah tangga mereka, sehingga penulis Ibrani menasehati jemaat Kristen seperti itu. Pernikahan Kristen adalah pernikahan yang kudus/suci. Dan kesucian dalam pernikahan harus dijaga sehingga keberadaan pernikahan Kristen dapat memancarkan berkat Allah.

Dewasa ini banyak pernikahan Kristen hancur karena terjadi perselingkuhan dan perzinahan ( dosa sexual ). Para suami banyak yang punya wanita idaman lain dan para istri juga tidak kalah punya pria idaman lain. Para suami atau istri sudah tidak peduli lagi dengan nilai-nilai moral bahkan agama. Kesetiaan dan cinta sudah tidak ada lagi dalam kehidupan pernikahan dan akhirnya ujung-ujungnya adalah perceraian. Jika sudah demikian, yang menjadi korbannya adalah anak-anak mereka. Dalam kondisi seperti ini kita diingatkan kembali kepada Firman Tuhan yang hari ini menasehati kita supaya kita menghormati pernikahan dan menjaga kekudusan dalam pernikahan.

Nasehat ke Lima : Janhanlah menjadi hamba uang tetapi cukupkanlah yang ada.

Orang Kristen bukanlah budak harta kekayaan, walaupun uang dibutuhkan tetapi uang bukanlah segala-galanya. Memang ada orang yang menjadikan uang segala-galanya dan menjadi tujuan akhir, dan baginya uang dapat memberikan kekuasaan, kekuatan , kepuasan, kenikmatan dan yang lainnya. Jika hidup seseorang sudah dikuasai uang maka ia akan meremahkan Tuhan dan sesama manusia. Itulah yang tidak diharapkan. Oleh sebab itu penulis mengingatkan kepada orang-orang Kristen tentang pemeliharaan Tuhan dan penyertaan Tuhan atas mereka. Hal ini juga mengingatkan  kita bahwa setiap uang yang kita dapat berasal dari Tuhan yang justru kita harus hidup dekat kepada Tuhan .

Dari kedua nasehat tersebut diatas intinya adalah supaya kita dapat hidup menghormati dan menghargai orang lain. dengan demikian kekudusan dalam pernikahan tetap terpelihara  dan orang lain tetap kita hargai. Bagaimana dengan anda ? Amin.

“Dengan tetap menjaga hati yang berpaut kepada Tuhan maka kita  dapat menjaga keutuhan pernikahan dan dapat menghormati sesame”.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«