suplemenGKI.com

Tetap Bertahan

 

Bacaan : 1 PETRUS 1 : 3 – 9

Pengantar
Bagian ini diawali dengan suatu pujian kepada Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang penuh rahmat dan kasih setia, yang telah melahirkan orang-orang Kristen. Orang Kristen telah dilahirkan kembali oleh Allah ke dalam kehidupan yang baru yang penuh dengan pengharapan yang berasal dari kebangkitan Tuhan Yesus Kristus. Disinilah orang Kristen yang sudah lahir baru memiliki pusaka yang Agung yaitu Allah Sendiri.

Pemahaman

  1. Apa yang disampaikan oleh Petrus dalam bagian ini? Ayat 3-5
  2. Bagaimana nasehat Petrus kepada orang-orang Kristen dalam menghadapi pencobaan? (ayat 6 – 9)
  3. Bagaimana sikap orang Kristen dalam menghadapi berbagai pencobaan?

Menjadi orang Kristen pada jaman Rasul Petrus tidaklah menyenangkan, mereka diperhadapkan dengan berbagai macam tantangan, penganiayaan dan badai yang siap memporak-porandakan kehidupan mereka. Untuk itulah rasul Petrus mengingatkan mereka agar mereka dapat bertahan dalam menghadapi hal-hal yang menimpa mereka. Mengapa?

Pertama : Mereka harus bertahan dalam menghadapi segala hal karena mereka dapat melihat ke depan (ada pengharapan)

Dalam setiap peristiwa, baik itu kesulitan dan penganiayaan yang dialami orang-orang Kristen bukanlah akhir dari segala sesuatu, tetapi dibalik semua itu ada kemuliaan. Di dalam pengharapan akan kemuliaan itulah mengajar kita untuk tetap bertahan sambil melihat suka cita yang lebih tinggi dalam kemuliaan yang akan kita terima.

Kedua : Mereka harus bertahan dalam menghadapi segala hal karena setiap pencobaan dan penganiayaan yang mereka alami sebenarnya adalah sebuah ujian.

Petrus mengumpamakan ujian itu seperti emas yang dilebur dalam api, begitu juga pencobaan-pencobaan yang datang pada orang Krsiten akan menguji imannya dan sebagai hasilnya Imannya akan lebih kuat dari yang sebelumnya. Kesulitan dan pencobaan yang kita hadapi mungkin saja bermacam-macam akan tetapi dibalik semua itu ada kasih karunia Allah.

Ketiga : Mereka harus bertahan dalam menghadapi segala hal karena di akhir dari segalanya mereka akan menerima pujian kemuliaan dan hormat dari Tuhan Yesus Kristus.

Setiap orang Kristen mengetahui bahwa jika meraka mampu bertahan dalam menghadapi berbagai macam pencobaan, maka pada akhirnya mereka akan mendengar Tuhan  berkata, “Baik sekali perbuatanmu, hai hambaku yang baik dan setia, masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan Tuan mu.” Betapa bahagianya ketika kita mendengar Tuhan berkata seperti itu kepada kita.

REFLEKSI
Dalam keheningan, renungkanlah bahwa menjadi orang Kristen, seringkali kita diperhadapkan dengan berbagai macam pencobaan. Apakah saudara kalah atau tetap bertahan? Mengapa? Apakah saudara sudah memandang kedepan yang penuh dengan pengharapan? Jika saudara bertahan pada akhirnya saudara akan menerima pujian, hormat dan kemuliaan?

TEKADKU
Ya Tuhan, tolonglah saya agar saya dapat bertahan ketika menghadapi  berbagai macam pencobaan! 

TINDAKANKU
Mulai hari ini saya harus belajar bertahan sambil berserah kepada Tuhan dalam menghadapi setiap pencobaan yang saya alami.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«