suplemenGKI.com

Wahyu 1:4-6

TEGAR MENGHADAPI COBAAN

Pengantar
Jika Daniel merupakan kitab Apokaliptik dalam Perjanjian Lama, maka surat Wahyu merupakan bentuk kitab Apokaliptik dalam Perjanjian Baru. Sama halnya dengan Daniel, surat Wahyu memperlihatkan berbagai ucapan bernada simbolik yang tidak dengan mudah dapat diartikan begitu saja tanpa melihat konteks atau latar belakangnya.

Surat Wahyu Yohanes ditulis kepada jemaat-jemaat Kristen di Asia Kecil yang tengah menghadapi tantangan terberat. Mereka harus menghadapi situasi dimana masyarakat menolak kehadiran kekristenan.

Pemahaman

Ayat 4-6               Siapakah yang menuliskan surat ini? Kepada siapa surat ini diarahkan? Apa yang disampaikannya kepada jemaat?

Yohanes diyakini sebagai penulis surat ini. Surat ini ditujukan kepada tujuh jemaat di wilayah Asia kecil yang sedang mengalami penganiayaan. Penolakan dari masyarakat terhadap kehadiran komunitas Kristen menjadi latar belakang terjadinya penganiayaan tersebut.

Surat ini ditulis dengan maksud agar jemaat Kristen di Asia Kecil tetap berpegang terhadap keyakinannya atau imannya kepada Kristus. Penganiayaan yang dihadapi jemaat Kristen berpotensi membuat jemaat menanggalkan imannya.

Yohanes menyapa ketujuh jemaat dengan menyampaikan ajaran tentang kesetiaan Kristus dan pengorbanan-Nya bagi penebusan dosa. Yohanes bertujuan untuk memperkuat iman jemaat. Agar jemaat belajar tentang kesetiaan Kristus dan tetap mengingat anugerah keselamatan yang Kristus sudah kerjakan

Tidak sedikit orang bersedia meninggalkan iman percaya kepada Kristus hanya untuk kenikmatan duniawi. Bagi mereka yang penting tidak hidup dalam tekanan dan penderitaan. Hari ini umat diajak untuk mengingat kembali pengorbanan Kristus. Pengorbanan yang tidak dapat dinilai oleh apapun. Pengorbanan yang memperlihatkan nilai kesetiaan dan bela rasa.

Refleksi
Masihkah saya terus akan setia meski harus hidup dalam tekanan dan penderitaan? Adakah saya mengingat kasih dan kesetiaan Tuhan yang telah mengorbankan diri-Nya bagi saya?

Tekadku
Ya Allah, mampukan saya hidup setia dan taat dihadapan-Mu

Tindakanku
Setia beribadah dan bersekutu. Rajin mempelajari firman Allah setiap hari

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«