suplemenGKI.com

Sang Maha Tinggi

Ibrani 1:5-12

 

Pengantar
Suatu saat, ketika karier Martin Luther tengah dihantam badai, ia menerima beberapa berita yang melemahkan semangat. Namun, ia menanggapinya dengan berkata, “Akhir-akhir ini saya sering memandang ke langit di waktu malam. Saya melihat bintang-bintang berkilauan yang bertebaran. Tak ada pilar yang menopang mereka. Namun, bintang- bintang itu tidak jatuh.” Semangat Luther bangkit kembali saat ia mengingatkan dirinya sendiri bahwa Allah yang menopang alam semesta juga pasti mempedulikan dirinya. Betapa bersyukurnya Luther ketika menyadari memiliki Allah Sang Maha Tinggi yang menopang alam semesta. Dan Allah Sang maha tinggi itu tak jauh dari kehidupan kita karena Dia mengirim Sang Anak, yaitu Kristus yang adalah cahaya kemuliaan-Nya, datang ke dunia.  Setinggi apakah kedudukan Sang Anak? Mari kita merenungkannya.

Pemahaman

Ayat 5-7               : Apa yang dikatakan tentang malaikat?
Ayat 8-12             : Apa yang dikatakan tentang Anak?
Mengapa  bagian ini membandingkan kedudukan Kristus dengan malaikat?

Sesungguhnya malaikat merupakan makhluk yang diciptakan oleh Allah. Tidak pernah dikatakan kepada malaikat bahwa mereka diperanakkan dan mereka menjadi Anak, malaikat bukanlah pribadi yang ada sejak semulanya. Bahkan dikatakan  bahwa malaikat diciptakan untuk menyembah. Tentu dari sini saja, kita sudah dapat melihat bahwa posisi kedudukan malaikat lebih rendah dari Anak. Setinggi apa pun posisi malaikat, dia tetaplah pelayan yang menyembah Tuhan.

Sedangkan tentang Anak dikatakan memiliki takhta yang tetap, lalu Allah pun mengurapi-Nya. Bahkan sekalipun semua binasa, namun Anak dikatakan tetap ada. Dia tetap sama dan tidak akan pernah berubah. Anak memiliki kedudukan yang sangat tinggi.  Betapa berbahagianya kita karena memiliki Tuhan dan Juru selamat yang Maha Tinggi, penguasa  dan penopang alam semesta namun mau mendekat pada kita. Dengan apakah rasa syukur kita nyatakan selain hidup tunduk menyembah dan memuliakan Dia?

Refleksi
Daftarkanlah beberapa hal yang penting dan berharga dalam hidup Anda. Urutkanlah mulai yang tertinggi. Siapakah yang menempati urutan nomor satu? Apakah Tuhan Yesus Anda tulis di nomor satu? Bila ya, apakah setiap hari Anda selalu tunduk dalam perintah Firman-Nya?

Tekadku
Tuhan, mampukan aku untuk selalu tunduk menyembah-Mu dalam kehidupan sehari-hari.

Tindakanku
Aku akan mengawali setiap hari dengan sujud berdoa kepada Tuhan dan membuka hati untuk mendengar Firman Tuhan, sebelum aku mengerjakan kegiatan yang lain.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«