suplemenGKI.com

1Yohanes 5:9-13

 

Kesaksian Orang Percaya Karena Memiliki Kristus.

            Ada orang yang dengan semangat, fasih dan detail bisa bercerita tentang nyamannya dan betapa menyenangkannya naik mobil mewah. Tetapi sebenarnya orang tersebut tidak pernah memiliki mobil mewah jenis apapun. Walaupun dia bisa dengan begitu semangat, fasih dan detail bercerita tentang mobil mewah tetapi karena dia belum pernah memiliki mobil mewah, maka dapat dipastikan ceritanya itu hanyalah sekedar khayalan dan pengetahuan sepenggal yang tidak  lengkap tentang mobil mewah. Apakah saudara akan mempercayai cerita orang tersebut? Pasti saudara akan berkata “hanya cerita doank”

Jika ia terus bercerita tentang mobil mewah yang belum pernah dimilikinya, maka sebenarnya dia sedang membohongi dirinya sendiri, menyesatkan orang lain tentang mobil mewah dan bisa merusak kredibilitas, kualitas mobil mewah yang dicertiakannya. Dan pada ujungnya dia akan dianggap menyebarkan cerita palsu tentang mobil mewah. 1Yohanes 5:9-13, menunjukkan kepada kita sebuah hal prinsip agar bisa bersaksi tentang Tuhan Yesus yang adalah sang juruselamat yang memberikan hidup kekal kepada yang percaya kepada-Nya.

 

Pertanyaan-pertanyaan penuntun:

  1. Apa yang harus menjadi dasar sehingga seseorang dapat bersaksi tentang Tuhan Yesus dengan benar dan dapat membawa orang lain menjadi percaya kepada yang disaksikannya?
  2. Mengapa seseorang dapat menyaksikan keselamatan di dalam Tuhan Yesus kepada orang lain?
  3. Bagaimana dengan saudara, sudahkah saudara memiliki keyakinan telah memiliki Tuhan Yesus dalam hidup saudara?

 

Renungan:

Tuhan Yesus yang adalah Allah, telah datang ke dunia menjadi sama dengan manusia untuk mendapatkan manusia yang berdosa. Melalui karya pengorbanan-Nya Ia telah menyelamatkan manusia. Tetapi karya keselamatan itu baru dapat diterima dan dimiliki oleh manusia ketika manusia percaya dan menerima Dia sebagai Tuhan dan juruselamat pribadinya (Lih. Yoh 6:47, 10:28, Roma 10:9-10) Untuk selanjutnya orang yang telah percaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai juruselamat pribadinya disebut sebagai anak-anak Allah yang memiliki Kristus dalam hidupnya. Karena dia telah memiliki Krisus dalam hidupnya maka kepemilikannya akan Kristus itulah yang menjadi dasar kesaksian, cerita dan kehidupannya. Yesus yang telah menyelamatkannya dan kini menjadi miliknya itulah yang menjadi alasan kesaksiannya.

Kehidupan seseorang yang benar-benar telah ditebus, diselamatkan dan menjadi milik Kristus, oleh Rasul Paulus dikatakan “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang” (Lih 2Kor 5:17) Dia bukan saja telah memiliki keselamatan dalam Kristus tetapi juga dapat bersaksi tentang Kristus kepada orang lain sehingga orang lain dibawa untuk percaya kepada Kristus. Inilah hidup yang sesungguhnya, yaitu hidup yang memiliki Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juruselamatnya.

Sebuah pertanyaan penting yang mau tidak mau harus dipertanyakan dalam hidup kita, “Sudahkah kita memiliki Kristus dalam hidup kita?” Jawaban dari pertanyaan ini akan sangat menentukan apakah yang menjadi dasar kita bersaksi, pelayanan, berkarya dan beribadah. Jika kita tahu jelas bahwa kita sudah memiliki Kristus dalam hidup kita maka kesaksian, pelayanan, karya dan ibadah kita adalah sebagai buah dari kehadiran Kristus dalam hidup kita, karena sebagai buah dari kehadiran Kristus maka semuanya akan dilakukan untuk memuliakan Tuhan yang hadir dalam hidup kita. Tuhan memberkati.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«