suplemenGKI.com

Roma 12 : 2.

“Perubahan yang mendasar”

Siapa diantara kita yang tidak tahu ‘ulat berbulu’ ? pasti semua sudah tahu ! menjijikkan sekali ! itu barangkali komentar banyak orang tentang ulat. Melihatnya saja jijik, apalagi memegangnya ? pasti juga tidak akan mau karena bulu-bulunya gatal jika kena tangan. Tapi bandingkanlah dengan kupu-kupu, pasti banyak orang yang senang melihatnya. Mengapa ? karena warna-warninya indah, apalagi kalau terbang maka semakin indah dan banyak anak-anak yang kepingin memegangnya. Tahukah anda bahwa sebenarnya kupu-kupu yang indah, yang disukai oleh banyak anak/orang tersebut berasal dari ulat yang menjijikkan dan berbulu gatal ? Semula ulat berbulu yang gatal akan memakan dedaunan dengan rakusnya sampai pada tahapan ia akan berhenti secara total disuatu  tempat dan akan merubah diri menjadi kepompong. Beberapa waktu [minggu] lamanya kepompong tersebut akan merubah bentuk menjadi kupu-kupu yang indah, penuh warna-warni yang disukai oleh kebanyakan orang. Itulah sebuah pelajaran kehidupan Kristen yang sesungguhnya.

Pertanyaan penuntun.

1.       Apa nasehat Paulus bagi orang Kristen yang beribadah ?

2.       Apa yang menjadi keinginan Paulus bagi orang Kristen ?

3.       Apa tujuan dari kehidupan Kristen ?

RENUNGAN.

Hidup beribadah kepada Tuhan menuntut perubahan hidup yang radikal/secara total. Mengapa demikian ? jika kita mengatakan bahwa kita beribadah kepada Tuhan tetapi hidup kita tidak ada perubahan maka hal tersebut sama saja dengan bohong. Misalnya, yang mencuri/korupsi tetap melakukan mencuri/korupsi, yang minum-minuman keras tetap minum-minuman keras, yang selingkuh tetap selingkuh dan lain sebagainya, jika semua itu tetap dilakukan oleh orang Kristen yang mengatakan dirinya beribadah itu namanya membohongi Tuhan. Untuk itulah rasul Paulus menasehati orang-orang Kristen agar kehidupannya [perbuatannya] sesuai dengan ibadahnya. Apa nasehat Paulus ?

Pertama : Janganlah menjadi serupa dengan dunia ini.

Kata ‘dunia’ mengandung arti ‘dunia yang dikuasai oleh dosa, kerusakan dan kematian. Orang-orang yang hidup sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya [ Gal  5 : 19-21 ]. Itulah contoh-contoh kehidupan orang-orang duniawi, bagaikan ulat yang menjijikkan, tidak ada yang mau memegang. Sedangkan rasul Paulus menasehatkan agar orang Kristen jangan hidup seperti orang duniawi tetapi hidup didalam pimpinan/tuntunan Tuhan.

Kedua : Berubalah oleh pembaharuan budimu.

Setiap orang percaya diharapkan mengalami perubahan hati yang nantinya dapat terwujud dalam seluruh kehidupan. Kata ‘budi’ dapat diartikan dengan pikiran atau akal budi yang dipakai untuk menjelaskan tentang perubahan kelakuan manusia bukan perubahan pikirannya saja. ‘budi’ merupakan pusat kemauan kita, yang mengambil keputusan-keputusan yang menentukan tindakan kita. Pusat itulah yang perlu dibaharui oleh Roh Kudus, sehingga dapat melahirkan tindakan-tindakan/perbuatan yang baik.

Mengapa perlu dibaharui ? tujuan pembaharuan budi adalah, pertama, supaya dapat membedakan kehendak Allah kedua, dapat membedakan yang baik. Ketiga , hidup berkenan kepada Allah dan yang sempurna. ‘Budi’ yang sudah dibaharui dapat menghasilkan keputusan-keputusan dan tindakan/perbuatan yang benar sehingga tidak salah dalam bertindak/berbuat. Indahnya hidup kekristenan yang sudah dibaharui bagaikan kupu-kupu yang cantik, beraneka warna yang disukai banyak anak. Seperti itulah kehidupan kita yang sudah berubah akan disukai oleh banyak orang dan terlebih disukai Tuhan. Oleh sebab itu marilah kita menyerahkan hidup [budi] kita kepada Tuhan supaya hidup kita mengalami perubahan. Bersediakah anda dirubah ? amin. 

“Orang Kristen yang mau dirubah Tuhan akan dapat menyenangkan hati orang banyak”

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«