suplemenGKI.com

Roma 8: 26-27

ROH KUDUS MENOLONG UMAT UNTUK BERDOA

 

Pengantar
Betapa mudahnya seseorang berdoa disaat senang dan bahagia. Betapa mudahnya ucapan syukur dan permohonan diucapkan dalam doa saat tidak ada situasi dan keadaan yang berat menimpa. Namun betapa sulitnya berdoa dalam suasana hati yang tengah galau dan sedang bergumul berat. Semua orang pasti mengalami hal itu. Dan itulah yang menjadi tantangan terberat bagi umat ditengah-tengah kehidupannya selaku umat Allah.

Pemahaman

Ayat 26-27           Apakah nasihat Paulus kepada jemaat Kristen di kota Roma dalam menghadapi

persoalan ?

Setiap orang yang masih hidup didunia akan menghadapi beragam persoalan. Persoalan dan tantangan tidak bisa dihindari oleh siapapun. Namun bagaimana menghadapi semua itu? Paulus menyampaikan nasihat kepada jemaat Kristen di kota Roma agar berdoa kepada Allah. Doa harus menjadi kekuatan jemaat Kristen dalam menghadapi tantangan dan kesulitan seberat apapun.

Doa adalah nafas hidup orang Kristen. Doa adalah cara berkomunikasi dengan Allah. Melalui doa, Roh Kudus akan memampukan umat Allah untuk mengungkapkan seluruh isi hati dan pikirannya. Doa harus menjadi sebuah gaya hidup. Doa tidak bisa dianggap sebagai pelengkap semata tapi doa adalah juga kekuatan kita karena melaluinya kita semakin menaruh pengharapan kepada Tuhan dan kita pun diubahkan untuk menjadi pribadi yang mau tetap setia dalam berbagai situasi kehidupan.

Refleksi
Dalam keheningan, ingatkah kita bagaimana Tuhan menolong saat kita bergumul berat? Ingatkah kita Tuhan tidak pernah mengabaikan doa permohonan kita dan menjawab sesuai dengan kebutuhan kita? Ingatkah kita bahwa Tuhan selalu menghibur kita dalam pergumulan hidup lewat kehadiran orang-orang yang kita kasihi?

Tekadku
Tuhan, aku mau bersyukur atas pertolongan-Mu yang sungguh nyata dalam kehidupan. Meskipun terkadang aku melupakan Tuhan dan bahkan marah tapi Tuhan tetap setia menolong dan menguatkanku. Tuhan, aku mau bertekun dalam doa karena lewat doa aku semakin dikuatkan untuk tidak hilang asa dalam kesulitan hidup.

Tindakanku
Aku mau menyediakan waktu khusus untuk mendoakan setiap pergumulan hidup yang dialami sepanjang hari.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»