suplemenGKI.com

ROMA 11:1-2, 29-32

MENJADI SAKSI KRISTUS BAGI DUNIA

 

Paulus harus menghadapi persoalan yang sangat pelik di tubuh jemaat Kristen di kota Roma. Jemaat Kristen di kota Roma tengah berada dalam persoalan. Terjadi konflik diantara anggota jemaat. Kemudian ditambah lagi munculnya kelompok Yudais yang hendak mempengaruhi jemaat Kristen. Bagaimanakah Paulus mengatasi persoalan yang terjadi? Teks bacaan akan memperlihatkan bagaimana Paulus menanggapi persoalan yang dihadapi jemaat Kristen di kota Roma

Pemahaman

Ayat 1-2         Benarkah Allah menolak orang-orang pilihanNya?

Ayat 29-32    Apakah rencana Allah bagi umat yang telah diselamatkanNya?

Pertentangan terbesar yang terjadi dilingkungan jemaat Kristen adalah perihal pertanyaan benarkah Allah menolak orang pilihan-Nya? Paulus dalam teks bacaan menjawab hal itu dengan tegas bahwa Allah tidak pernah menolak orang-orang pilihan-Nya meski sekalipun mereka jatuh dalam dosa.

Menurut Paulus, Allah justru bertujuan menggunakan orang-orang yang telah dipilih-Nya untuk menjadi saksi Allah, sehingga orang-orang Israel yang masih berpegang pada Taurat menerima kasih karunia Allah didalam Kristus Yesus.  Atau dengan kata lain Allah menghendaki umat yang telah dipilih dan diselamatkan-Nya menjadi pintu masuk agar bangsa-bangsa lain menerima keselamatan.

Bacaan hari ini mengajarkan kepada umat Allah bahwa Allah telah memilih umat-Nya untuk menerima kasih karunia-Nya. Umat telah dilepaskan dari belenggu dosa dan telah menerima keselamatan. Maka sudah seharusnya umat hidup dalam kasih karunia-Nya. Tidak lagi hidup dalam dosa. Kehidupan umat harus mencerminkan kasih Allah.

Refleksi
Sudahkah kita menjadi terang bagi masyarakat? sudahkah kita hidup seturut dengan kehendak Allah? Sudahkah kita memberitakan kabar keselamatan kepada semua orang?

Tekadku
Ya Allah, mampukan aku hidup dalam kekudusan. Tolong aku agar menjadi terang bagi sesama. Berikan aku keberanian menyatakan kabar keselamatan bagi semua orang

Tindakanku
Membangun relasi positif dengan sesama. Membangun kepedulian dalam persekutuan dan juga di masyarakat.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*