suplemenGKI.com

Ibrani 5:5-7

KRISTUS IMAM DALAM KEHIDUPAN UMAT

 

Pengantar
Jabatan Imam dalam Perjanjian Lama pertama kali disematkan kepada Harun yang berasal dari suku Lewi. Setelah Harun tiada, jabatan imam kemudian berlanjut kepada keturunannya. Itulah sebabnya jabatan imam dalam Perjanjian Lama identik dengan suku Lewi. Allah mempercayakan jabatan imam kepada Harun dan keturunannya. Mereka ditugaskan untuk mengurus rumah peribadahan.

Dalam Perjanjian Lama peran seorang imam sangatlah penting. Selain mengurus berbagai hal terkait aktivitas di rumah peribadahan, para imam juga menjadi penghantar persembahan korban bakaran yang dipersembahkan umat kepada Allah. Selain tanggungjawab besar itu, para imam juga dituntut untuk hidup dalam kesalehan.

Pemahaman

Ayat 5-7               Mengapa penulis surat Ibrani menyematkan jabatan imam kepada Yesus ?

Penulis surat Ibrani menyematkan jabatan imam kepada Yesus oleh karena kesalehan-Nya (ay.5-7). Kesalehan Kristus tampak dari sikap hidup-Nya yang penuh ketulusan, berhikmat, penuh kasih dan kesedian mengorbankan diri-Nya. Kesalehan ini cerminan sikap hidup seorang imam.

Jika membandingkan Yesus dengan sikap para imam Yahudi dijamannya, maka akan tampak bahwa para imam Yahudi memperlihatkan kesalehan yang pura-pura dan tidak tulus. Berbeda dengan Yesus yang memperlihatkan sikap imam yang benar dan berkenan dihadapan Allah.

Penulis surat Ibrani menempatkan Yesus sebagai imam sejati yang pantas untuk diikuti dan diteladani. Saat ini banyak orang mengaku sebagai imam namun memperlihatkan hidup yang tidak sesuai dengan kehendak Allah. Keimamannya hanyalah topeng yang menutupi tindakan-tindakan yang tidak benar.

Kristus adalah imam sejati bagi umat saat ini. Kristus adalah model pemimpin yang memperlihatkan ketulusan, kasih dan kepedulian. Umat yang telah menerima anugerah keselamatan haruslah hidup berorientasi pada Kristus.

Refleksi
Sudahkah kita menjadikan Kristus sebagai imam dan pemimpin dalam hidup kita? Sudahkah kita hidup meneladani Kristus?

Tekadku
Ya Allah, mampukan aku berpikir seperti Kristus dan bertindak seperti Kristus agar kehidupan kami menjadi berkat bagi sesama

Tindakanku
Memiliki kepekaan dan kepedulian kepada sesama

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«