suplemenGKI.com

Efesus 1:3-14

Kekayaan Orang Percaya

 

Paulus memuji Tuhan untuk berkat rohani yang dimiliki oleh orang- orang yang percaya di Efesus, berkat rohani ini tentunya datang dari Tuhan bukan karena usaha manusia. Paulus mensyukuri  jemaat Efesus yang semakin hidup di dalam Tuhan.

  1. Apa yang Paulus katakan tentang pemilihan umat Yahudi?
  2. Apa yang Paulus katakan tentang peran dan karya Kristus?
  3. Apa yang menjadi tujuan Tuhan dalam pemilihan umat Yahudi dan non Yahudi? (Ayat 4 dan 6)
  4. Bagaimana peran Roh Kudus dalam pemilihan tersebut?

 

Renungan

Paulus mensyukuri berkat rohani yang dimiliki jemaat Efesus, berkat rohani ini berkaitan dengan pemilihan umat Yahudi sebagi umatNya, bahkan sebelum dunia ini dijadikan. Mereka dipilih untuk menjadi anak-anakNya berdasarkan kasih dan kerelaan kehendak Tuhan, bukan karena pekerjaan manusianya.

Paulus berbicara tentang peran dan karya Kristus dalam kerangka pekerjaan penyelamatan Allah. Di Dalam Kristus Yesus umat mendapat penebusan yaitu pengampunan dosa. Karya penebusan Kristus inilah yang membawa orang percaya dengan kesatuan Kristus sebagai Kepala segala sesuatu baik di bumi atau di surga. Paulus meyakinkan jemaat Efesus, hanya di dalam Kristus sajalah kita mendapat bagian dari apa yang telah dijanjikan Tuhan kepada setiap orang yang percaya.

Pemilihan umat Yahudi dan non Yahudi dimaksudkan supaya mereka menjadi puji-pujian bagi kemuliaanNya. Jadi Tuhan juga memanggil semua umat baik yang Yahudi maupun yang bukan untuk mendengar dan mendapatkan Injil keselamatan. Orang yang percaya bukan hanya menerima Injil keselamatan namun Tuhan juga menginginkan umatnya untuk hidup kudus dan tak bercacat di hadapan Tuhan.

Roh Kudus terus menerus mengingatkan dan menjaga kita agar kita senantiasa menghargai penebusan yang telah Kristus lakukan, dimana kita menjadi anak-anak Allah. Roh Kuduslah yang memeteraikan pengakuan percaya kita.

Setiap orang yang percaya hendaknya semakin mensyukuri berkat rohani dari Tuhan dan inilah kekayaan orang percaya. Bukan saja ia sudah dipilih oleh Tuhan sebelum dunia dijadikan, namun melalui Roh Kudus kita senantiasa dimampukan untuk hidup dalam kekudusan Allah, bukan untuk kebanggaan kita sendiri namun bertujuan untuk memuliakan Tuhan. Semakin banyak orang yang percaya menyadari berkat rohaninya maka semakin banyak pula orang-orang yang akan memuliakan Tuhan.

Marilah sebagai orang yang percaya menyadari begitu baiknya Tuhan memberikan kekayaan rohani yang tiada batasnya bagi pribadi demi pribadi, sehingga kita senantiasa menyadari akan penebusan Kristus yang membawa kita dekat dengan Tuhan dan senantiasa muliakan Tuhan seumur  hidup kita.

Semakin menghargai penebusan Kristus dalam hidup ini, maka Semakin dapat memikmati kekayaan rohani yang kita miliki.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«