suplemenGKI.com
Kedatangan Yesus

Kedatangan Yesus

1Tesalonika 4:16-18

Reuni Orang Yang Hidup Dan Yang Mati

             Suatu kali saya mengikuti acara reuni dengan teman-teman SMA. Setelah puluhan tahun tidak bertemu satu dengan yang lain, baik lewat pesawat telepon atau bertemu secara langsung, maka ketika bertemu ada dua perasaan yang muncul. Pertama: Perasaan bangga melihat teman-teman yang dulunya hanya anak biasa dan tidak ada tanda-tanda akan menjadi berhasil, tetapi ternyata mereka ada yang menjadi pengusaha besar, menjadi pejabat pemerintah dan ada yang menjadi pelayan Tuhan yang dipakai Tuhan luar biasa. Tetapi perasaan ke dua: Perasaan sedih, karena ada di antara teman-teman yang tidak bisa dijumpai lagi karena mereka sudah meninggal dunia, ada yang masuk penjara dan ada yang menempuh jalan hidup yang buruk (menjadi perampok, wanita tuna susila dan bahkan ada yang hilang tanpa kabar berita) Sungguh menyedihkan. Bacaan hari ini Paulus menjelaskan tentang kedatangan Tuhan Yesus ke dua kalinya.

 Pertanyaan-pertanyaan penuntun:

  1. Apa yang menjadi tujuan Paulus menjelskan kedatangan Tuhan Yesus melalui ungkapan di ay. 16-17?
  2. Anjuran penghiburan yang bagaimana yang diharapkan Paulus kepada sesama umat Tuhan! Ay. 18.
  3. Apa makna kedatangan Tuhan Yesus Kristus bagi saudara saat ini?

 Renungan:
            Pada ay. 16-17, Paulus berupaya menjelaskan sesuatu yang memang tidak mudah untuk dipahami terkait dengan kedatangan Tuhan Yesus ke dua kalinya. Pada saat Yesus datang ke dua kali, Ia akan turun dari Surga ke bumi dengan mengucapkan suatu perintah kepada malaikat-malaikat melalui suatu suara yang berseru serta bunyi sangkakala. Melalui perintah itulah maka orang-orang yang sudah mati di dalam Kristus akan bangkit. Selanjutnya orang-orang baik yang mati maupun yang hidup di dalam Kristus itu  bersama-sama akan diangkat masuk ke dalam awan untuk bertemu dengan Kristus agar mereka dapat tinggal bersama-sama dengan Kristus untuk selama-lamanya. Di sanalah baik dalam hidup maupun dalam kematian, orang-orang yang percaya tetap berada di dalam Kristus, dan bahwa persekutuan itu tidak dapat diputuskan oleh apapun juga. Kalimat “Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan” hendak menjelaskan bahwa Kristuslah yang berperan menjadi penghubung dan penyatu orang-orang yang hidup dan matinya di dalam Tuhan Yesus pada saat kedatanganNya kelak.
            Anjuran untuk menghibur seorang akan yang lain, semata-mata karena Paulus melihat masih banyak orang percaya yang belum sampai pada pemahaman bahwa pada saat kedatangan Yesus ke dua kali kelak itu mempunyai makna sebuah reuni sesama orang percaya, baik yang masih hidup  maupun yang sudah mati. Sehingga mereka masih melihat kematian adalah sebuah kefatalan, perpisahan dan selesai segala-galanya. Maka sudah menjadi tugas bagi yang sudah mengerti untuk memberikan pemahaman dan penghiburan bagi sesamanya.  Penghiburan macam apa yang dimaksudkan oleh Paulus? Tentu Paulus berbicara tentang penghiburan melalui firman Tuhan, karena dengan firman Tuhanlah kemudian sesama orang percaya akan semakin bertumbuh dan berbuah satu dengan yang lain. Itu sebabnya di ay. 18 Paulus berkata “Hiburkanlah seorang akan yang lain dengan perkataan-perkataan ini”
              Jadi jikalau kebanyakan orang-orang dunia melewati waktu-waktu hidup dengan sebuah sikap pesimis dan apatis toh semua orang akan mati atau dengan sikap ketakutan menghadapi kematian, maka bagi kita orang-orang percaya, kita harus menghibur satu dengan yang lain dengan cara semakin giat menjadi teladan, membimbing, mengarahkan dan melayani sesama dengan  ketulusan dan kebenaran. Karena bagi kita kedatangan Kristus ke dua kali adalah saatnya kita akan berjumpa satu dengan yang lain dalam kemuliaan Tuhan Yesus yang adalah kepada gereja dan gembala Agung kita. Saudara, apakah hari ini engkau siap untuk menyambut kedatangan Tuhan Yesus Kristus? Jika engkau siap maka engkau sedang mempersiapkan diri untuk berjumpa dengan orang tua, saudara, sahabat dan teman-teman yang telah lebih dahulu menunggu kita di tempat kita reuni yaitu di surga yang mulia. Amin.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«