suplemenGKI.com

Jumat, 25 Juli 2014

Roma 8:31-39

Pengantar

Sesungguhnya kehidupan beriman tidaklah mudah. Tantangan, rintangan dan penderitaan selalu mungkin dihadapi orang-orang beriman. Di sepanjang perjuangan hidup beriman, pernahkah Anda dilanda ketakutan? Ketakutan bisa melanda siapa pun. Biasanya di tengah penderitaan dan kesulitan, orang gampang dilanda ketakutan. Untuk itulah bila kemarin kita menyadari kembali bahwa ALLAH turut bekerja dalam segala sesuatu, maka hari ini kita akan melihat secara khusus kuasa dan kasih ALLAH yang sungguh dapat diandalkan.

Pemahaman

  • Ayat 31-34   : Apakah yang kita alami apabila ALLAH di pihak kita?
  • Ayat 35-39   : Adakah yang mampu memisahkan kita dari kasih ALLAH di dalam KRISTUS YESUS, Tuhan kita?

Ketika kita menyadari bahwa ALLAH turut bekerja dalam segala sesuatu maka kita yakin penderitaan akan mendatangkan kebaikan.  ALLAH memiliki kuasa untuk mengubah penderitaan menjadi berkat dan kebahagiaan.  Kasih dan kuasa-Nya jauh lebih besar daripada penderitaan. Ia juga adalah ALLAH yang setia. Kesetiaan-Nya tak dapat dibatalkan bahkan oleh penderitaan dan maut. Penderitaan dan kematian tidak akan menghilangkan  kasih ALLAH kepada kita semua.  Bila dalam kehidupan ini kita hidup bersama TUHAN YESUS maka dalam maut, kita mati bersama-Nya. Oleh karena kita mati bersama-Nya maka kita juga bangkit bersama-Nya. Kematian bukan suatu perpisahan namun justru membawa kita  lebih dekat kepada-Nya; bukan suatu akhir melainkan gerbang menuju ke hadapan TUHAN YESUS KRISTUS. Bila demikian, masih adakah yang ditakutkan orang-orang percaya? Jika ALLAH di pihak kita, tak ada  kuasa lain yang mampu mengalahkan kita. Kita dijamin oleh kasih dan kuasa ALLAH.

Bagaimana kita meyakini hal ini? Rasul Paulus menjelaskannya melalui karya TUHAN YESUS  yang hidup sebagai manusia, mati, bangkit dan naik ke sorga dalam kemuliaan. Karya TUHAN YESUS yang sempurna ini menjadi fakta yang tak terbantahkan dari kasih-Nya yang begitu besar untuk memberkati dan menyelamatkan manusia. KRISTUS-lah Pembela kita. Fakta ini menjadi sumber kekuatan umat manusia di masa kini dalam menghadapi segala  bentuk penindasan dan penderitaan. DIA tidak pernah meninggalkan kita. DIA adalah TUHAN yang tetap setia pada ikatan perjanjian-Nya.  Oleh karena itu marilah  terus hidup bersama-Nya dan janganlah takut menghadapi segala bentuk penderitaan.

Refleksi

Ambillah waktu hening sejenak!  Pikirkanlah, apakah Anda pernah mengalami ketakutan luar biasa? Jika pernah, mengapa hal itu terjadi? Setelah merenungkan  Firman TUHAN hari ini, masihkah Anda dilanda ketakutan? Apakah Anda dapat merasakan bahwa ALLAH di pihak Anda?

Tekadku

Ya TUHAN mantapkanlah imanku agar aku terus meyakini bahwa Engkau ada di pihakku. Apa pun yang akan terjadi, mantapkanlah langkahku untuk berani menghadapinya sebab kasih dan kuasa-Mu sumber pengharapanku.

Tindakanku

Setiap kali ketakutan hendak menghampiriku, aku akan berkata: “ Aku tidak takut sebab ALLAH di pihakku!”  Aku akan terus membangun kedekatan hubungan dengan TUHAN agar  dapat semakin merasakan kasih dan kuasa-Nya yang melebihi apa pun.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*